Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Fisika Di Sma Katolik Yos Sudarso Menggunakan Metode 4d

Main Article Content

Jimmy Pratama
Michael Angelo

Abstract

Pada zaman modern media cetak merupakan bentuk media pembelajaran yang tidak sering dipakai karena terkesan statis dan monotonik. Guru-guru menggunakan presentasi maupun video untuk menjelaskan konsep pembelajaran karena murid cenderung lebih tertarik dengan hal-hal yang mengesankan dan dinamis. Media cetak dianggap tidak menarik perhatian dan membosankan karena desain yang dipakai umumnya simpel dan tidak berkesan. Karena itu, penelitian berikut akan berfokus kepada pembuatan media pembelajaran cetak Infografik mengenai Gaya dan Gerak pada pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode 4D (Four-D) yaitu penelitian yang memiliki 4 tahap, yaitu: Define (Mendefinisikan), Design (Merancang), Develop (Mengembangkan), and Disseminate (Menyebarkan). Metode tersebut dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel pada tahun 1974. Hasil dari penelitian berikut yaitu murid-murid SMA Yos Sudarso mempelajari lebih banyak tentang Gaya dan Gerak melalui media cetak yang dibuat dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berikut. Disamping itu, penulis berharap agar sekolah SMA Yos Sudarso akan terus mengembangkan aspek media pembelajaran agar murid-murid dapat belajar dengan niat yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles