Pengimplementasian Bahan Ajaran Mandarin Berbasis Digital Pada Sd Katolik Yos Sudarso Batam

Main Article Content

Hesniati Hesniati
Bella Oktavia Maryto
Doni Indrianto
Jocelyn Jocelyn
Michelle Angel Lim
Renndy Ferdianto

Abstract

Tujuan perancangan bahan ajar berbasis digital ialah agar siswa-siswi SD Katolik Yos Sudarso Batam dapat menguasai empat keterampilan dasar pelajaran Bahasa Mandarin dengan baik. Seperti yang kita ketahui, pelajaran Bahasa Mandarin sudah menjadi pelajaran yang sulit untuk diresapi, namun tingkat kesulitan tersebut bertambah seiring dengan penyebaran virus Corona yang merajalela ke seluruh dunia. Perancangan bahan ajar berbasis digital ini ditujukan kepada siswa-siswi SD Katolik Yos Sudarso Batam dengan ruang lingkup kelas 1, 2 dan 3. Untuk siswa- siswi kelas 1 dan 2, penulis merancang bahan ajar berupa Powerpoint, video animasi serta mempersiapkan template motorik sebagai bahan ajar pendukung. Untuk siswa-siswi kelas 3, penulis mempersiapkan bahan ajar digital seperti Powerpoint, kuis melalui platform Kahoot, games serta beberapa latihan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa-siswi SD Katolik Yos Sudarso Batam terhadap materi yang telah dipelajari. Tentu saja kesuksesan dalam merancang bahan ajar berbasis digital ini juga didasari dengan data yang berhasil dikumpul dan direkap dengan cara melakukan observasi langsung ke sekolah, mewawancarai kedua guru bahasa Mandarin sekolah SD Katolik Yos Sudarso Batam, dokumentasi serta mengadakan sesi konsultasi yang dimana sering disebut dengan implementasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles