Pelaksanaan Digital Marketing Dalam Mengatasi Penurunan Omset Kopitiam Pasar Raya

Main Article Content

Dewi Khornida marheni
Shellin Shellin
Eddy Oktarianto
Yanni Yanni
Hendry Hendry
Abner O nesimus Sijabat

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membantu salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Batam, yaitu, Kopitiam Pasar Raya dengan melaksanakan digital marketing. Seperti yang diketahui, pandemi COVID-19 sudah banyak memberikan dampak buruk untuk banyak usaha, termasuk Kopitiam Pasar Raya. Pihak pemilik menuturkan bahwa mereka mengalami penurunan omset yang sangat drastis karena pembeli yang berkurang. Metode pengumpulan data yang diterapkan untuk mendapatkan informasi-informasi penting yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi, wawancara, serta konsultasi. Kami sebagai tim pelaksana membantu pihak Kopitiam Pasar Raya untuk menangani permasalahan mitra dengan membuatkan content planner dengan aplikasi Canva serta membuatkan platform atau media seperti akun Instagram, Facebook, dan Website yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi Kopitiam Pasar Raya. Pihak pemilik dari Kopitiam Pasar Raya memberikan feedback yang sangat positif setelah implementasi kegiatan terjadi, karena terdapat kenaikan omset yang signifikan serta respon yang sangat positif dari pelanggan Kopitiam Pasar Raya. Tim pelaksana berharap metode promosi menggunakan media digital ini kedepannya dapat dikelola dengan baik oleh pihak mitra Kopitiam Pasar Raya sehingga kedepannya usaha dari mitra dapat berkembang lebih pesat lagi dengan cakupan masyarakat yang lebih luas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles