Pengembangan Kedai Kopi Nusantara Menggunakan Strategi Promosi Melalui Media Digital Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Main Article Content

Meiliana Meiliana
Sherry Sherry
Sukiantono Tang
Eric Marthino
Jessica Valeria
Michael Learns Tay
Diamend Tino Sembiring

Abstract

Pilihan untuk menjaga kelangsungan hidup suatu bisnis di masa pandemi ini antara lain berjuang dalam dunia digital. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dimaksudkan untuk memperkenalkan pemasaran digital bagi pengembangan usaha Kedai Kopi Nusantara yang mengalami penurunan omset selama pandemi. Tidak ada perubahan yang dilakukan oleh pemilik. Kedai tersebut tidak pernah menggunakan strategi pemasaran digital karena pemilik tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu. Program ini membantu mitra untuk perumusan strategi pemasaran, penyusunan, dan pembuatan konten pemasaran digital dengan tema penerapan protokol kesehatan. Metode pelaksanaan PkM ini dimulai dengan melakukan survei terhadap UMKM di JL. Potong Lembu, Tanjungpinang untuk mengidentifikasi permasalahan. Kemudian, diputuskan mitra yang memerlukan bantuan dan melakukan diskusi menyeluruh mengenai solusinya. Terakhir, mengimplementasikan rencana yang telah dibuat. Akhirnya berhasil dibuat akun Instagram milik Kedai Kopi Nusantara. Konten promosi yang telah dibuat diunggah ke akun Instagram milik Kedai dan akun Facebook Tim Pelaksana. Kedai Kopi Nusantara juga sudah didaftarkan ke Go Food, namun tidak berhasil karena tidak ada nomor rekening bank yang menjadi data wajib. Hasil evaluasi akhir memuaskan dimana pemilik sudah dapat menggunakan media sosial untuk promosi dengan mengunggah konten promosi secara mandiri. Namun, strategi pemasaran digital belum memberikan pengaruh terhadap omset dan pelanggan Kedai Kopi Nusantara. Pemasaran digital memerlukan kegigihan dan konsistensi pemilik Kedai Kopi Nusantara untuk mengunggah konten promosi yang unik dan bermanfaat secara rutin

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles