Perancangan Advertising Tools Melalui Media Elektronik Untuk Umkm Legend Computer

Main Article Content

Kennnardi Tanujaya
Tyana Tyana
Husnul Husnul
Febby Huang
Cahyo Jati Nugroho
Erika Erika

Abstract

Virus Covid-19 ditemukan pertama kali pada akhir tahun 2019, dan mulai menyebar dan memasuki Indonesia pada tahun 2020. Kehadiran covid-19 ini, menyebabkan banyaknya dampak di berbagai usaha salah satunya di bidang kuliner yang berdampak pada XXL Monster Boba yang berlokasi di Tanjungpinang. UMKM tersebut mengalami penurunan penjualan di tahun 2019-2020 sebanyak 10% sedangkan 2020-2021 mengalami penurunan sebanyak 25% di masa pandemi ini. Untuk mendorong kembali penjualan produk XXL Monster Boba dilakukan kegiatan pemasaran digital. Digitalisasi pemasaran merupakan alternatif agar dapat meningkatkan penjualan dan menghadapi permasalahan dalam masa pandemi. Metode pelaksanaan menggunakan wawancara dan observasi terhadap situasi yang dihadapi UMKM masa pandemi, dan menganalisa kebutuhan UMKM sebagai upaya meningkatkan penjualan. Luaran yang dirancang untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu, video profil usaha, brosur, pemanfaatan sosial media, dan menyediakan pemasaran secara digitalisasi untuk pesan-antar. Luaran yang dihasilkan dapat membantu pihak UMKM dalam menghadapi masa pandemi dan meningkatkan penjualan agar usaha dapat berkembang baik. Dengan memaksimalkan penggunaan media sosial seperti Instagram dan memahami algoritma perputaran Instagram dapat membantu promosi produk agar lebih dikenal. UMKM dapat memperhatikan insight secara bulanan, melalui penggunaan fitur yang melibatkan interaksi seperti poll and answer

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles