Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ict Fokus Coding Menggunakan Program ‘Scratch’ Tingkat Sd Untuk Sd Kallista Batam

Main Article Content

Lady Lady
Vivien Christy Apriyanti
Amanda Putri Nur Anisa
Benwanto Ardiyano
Kevin Louis
Seren Seren

Abstract

Pada zaman sekarang, teknologi akan berkembang semakin pesat seiring berjalannya waktu. Teknologi yang berkembang semakin pesat ini menyebabkan semakin banyak pekerjaan di masa depan yang akan tergantikan pula oleh teknologi buatan manusia yang lebih canggih. Hal ini membuat masyarakat semakin resah karena susah untuk menyesuaikan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika skill coding atau pemrograman dipelajari sejak dini. SD Kallista Batam, sebagai mitra penulis dalam kegiatan SEPORA (Social Empowerment Program), memiliki permasalahan dalam hal mengajarkan coding kepada siswa-siswinya. Maka dari itu, tim penulis memecahkan permasalahan tersebut dengan menyediakan bahan ajar coding untuk anak-anak dengan bahasa pemrograman Scratch. Bahan ajar ini disediakan dalam bentuk video penjelasan, rangkuman materi, bank soal dan kunci jawaban, berserta kumpulan video-video tambahan yang berkaitan dengan coding untuk anak-anak. Melalui Scratch, siswa-siswi dapat belajar dasar logika pemrograman dengan cara yang menyenangkan. Dengan Scratch, anak-anak dapat menggunakan kreativitasnya untuk membuat game, maupun animasi yang disukainya. Selain dapat membuat game dan animasi, siswa-siswi SD Kallista dapat meningkatkan tingkat konsistensi, ketekunan, maupun kepercayaan diri dalam belajar coding. Melalui pembelajaran coding menggunakan Scratch sejak dini, siswa-siswi SD Kallista dapat meningkatkan minat dan bakatnya di dunia IT (Information Technology) dan dipercaya akan lebih siap untuk menghadapi perubahan teknologi yang semakin pesat seiring waktunya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles