Pengembangan Metode Belajar Online Di Masa Pandemi Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Sd Kaliban
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v3i1.5968Keywords:
Pendidikan, Metode, Siswa, GuruAbstract
Semenjak pandemik Covid-19 melanda Indonesia, kebanyakan aktivitas dilakukan secara daring/online salah satunya yaitu pendidikan. Karena kegiatan belajar mengajar saat ini dilakukan dengan tatap muka secara daring, banyak siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dari segi faktor peran dan teknis. Sehingga hal ini menjadi kendala bagi pihak sekolah SD Kaliban untuk memberikan edukasi kepada siswanya dikarenakan sulitnya untuk mengkoordinasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Pihak sekolah juga merasakan bahwa pembelajaran hanya bersifat satu arah yaitu dari guru nya saja apalagi bagi murid SD yang masih sulit untuk memberikan umpan balik kepada gurunya. Para siswa juga merasa pembelajaran kurang menarik sehingga pihak sekolah khawatir akan keterlambatan siswa dalam menguasai materi. Maka dari itu, perlu mengembangkan metode ajar di tingkat sekolah dasar agar lebih bervariasi. Mengubah sistem belajar mereka yang umum menjadi lebih menarik dengan praktek belajar secara langsung agar minat belajar siswa semakin meningkat. Ini bertujuan agar siswa tidak bosan dengan metode belajar umum yang terpaku pada teori. Sistem pembelajaran yang kami canangkan ini bersifat dua arah sehingga partisipasi anak didik dalam kegiatan belajar mengajar lebih aktif lagi