Penerapan Media Sosial Dalam Peningkatan Citra Merek Toko Malex Kota Batam

Main Article Content

Nafisatul Hasanah
Jericho Udu
Nadiya Nur Arafah
Stephanie Stephanie
Fenny Fenny
Nada Agiltia Thamzil
Eileen Eileen

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat perekonomian Indonesia menurun. Penurunan persentase pertumbuhan ekonomi sebesar 2,07% dibandingkan tahun 2019. Sedangkan pada tahun 2021 lebih tepatnya pada triwulan I (Januari hingga Maret), pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,74% terhadap triwulan I tahun 2020. Penurunan ekonomi yang semakin meningkat tentunya mengakibatkan sebagian besar pelaku bisnis merasa terhambat. Toko Malex merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang usaha sembako selama lebih dari 2 tahun. Toko Malex telah menetapkan beberapa strategi pemasaran dalam mempromosikan usahanya, namun penulis menemukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan tersebut masih belum efektif. Strategi pemasaran yang telah diterapkan kurang dapat beradaptasi dengan perubahan akibat pandemi COVID-19, sehingga Toko Malex kurang baik dalam mempromosikan usahanya. Untuk itu, penulis menghadirkan solusi penyelesaian permasalahan dengan merancang strategi pemasaran bagi Toko Malex, yaitu mendesain logo usaha, mendaftarkan QRIS, membuat akun Instagram beserta content planner-nya, modul, serta pelatihan mengenai pemanfaatan akun Instagram sebagai media promosi. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu membantu Toko Malex dalam mempromosikan usaha sembako yang dijalankan, serta mempermudah proses pembayaran menjadi lebih efektif terlebih di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah wawancara, observasi dan pelatihan. Diharapkan dengan adanya pengabdian yang kami lakukan dapat membantu meningkatkan penjualan dari Toko Malex

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles