Upaya Peningkatan Jumlah Pengunjung Rumah Makan Padang Sakato Melalui Perancangan Ulang Dekorasi Ruangan Dan Mempromosikannya Via Media Sosial Instagram

Main Article Content

Irene Juwita Depari
Nimatul Mamuriyah
Arwa Meida Aninda
Aulia Ginda Putri
Intania Syafrina
Nina Pramita
Putri Rahayu

Abstract

Rumah Makan Padang (RMP) Sakato, adalah UMKM yang bergerak dibidang kuliner dan telah beroperasi selama 31 tahun dan baru memiliki 1 RMP saja, oleh karena itu RMP ini hanya mempekerjakan 3 orang karyawan. RMP Sakato ini terletak di Komplek Wijaya Blok H No. 06 Kecamatan Sekupang Kota Batam. RMP Sakato menawarkan berbagai macam masakan padang, seperti olahan ayam, olahan daging, olahan ikan, berbagai macam sayuran, dan olahan sambal hijau dan merah. Pada masa pandemik Covid-19 ini memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap pendapatan harian dari UMKM ini, salah satu upaya yang telah dilakukan oleh ibu Ernamawati selaku pemilik adalah mendaftarkan RMP Sakato kedalam aplikasi online Gofood dan Grabfood. Setelah terdaftar pada aplikasi online Gofood dan Grabfood dapat meningkatkan 30% dari pendapatan semula, akan tetapi jumlah pengunjung yang datang ke RMP Sakato tidak bertambah banyak, oleh karena itu tim PkM melakukan observasi di RMP Sakato selama 7 hari dan menemukan ide untuk membuat spot-spot atau re-dekorasi yang instagrammable yang menarik dengan tujuan untuk menarik pengunjung datang ke RMP tersebut selain untuk menikmati makanan yang disajikan, namun juga bisa mengabadikan spot-spot atau re-dekorasi tersebut yang dapat menarik pengunjung lainnya dating ke RMP Sakato ini. Dalam membantu UMKM RM Padang Sakato ini penulis menggunakan metode substitusi IPTEK yaitu memberikan gambaran cara memasarkan produk dan melakukan pendampingan sampai mitra mampu memasarkan produk dengan baik sebagai bentuk implementasi Dengan demikian diharapkan jumlah pengunjung di RMP Sakato ini akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles