Perancangan Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm Jhn Shop

Authors

  • Yefta Christian Universitas Internasional Batam
  • Valencia Valencia Universitas Internasional Batam
  • Fionna Quinn Universitas Internasional Batam
  • Calvin Wijaya Universitas Internasional Batam
  • Dewi A. Chandra Universitas Internasional Batam
  • Eric Pranata Universitas Internasional Batam
  • Kelvin Aryesryo Universitas Internasional Batam
  • Vivy Valentine Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/nacospro.v3i1.5956

Keywords:

UMKM, Pemasaran, Media Sosial, Strategi Pemasaran

Abstract

UMKM JHN Shop merupakan usaha yang bergerak di bidang barang dan jasa elektronik, yang fokus produknya berupa aksesoris handphone. Menurut hasil observasi dan wawancara, UMKM JHN Shop mengalami penurunan dalam penjualan akibat pandemi Covid-19 dan tidak adanya upaya pemasaran selama enam tahun usahanya berjalan. Observasi dilakukan dengan mengamati kondisi lingkungan sekitar lokasi usaha UMKM, yaitu Mall BCS. Sedangkan wawancara dilakukan secara langsung dan online melalui aplikasi Line dengan perwakilan UMKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, akun media sosial dan strategi pemasaran dibuat. Luaran yang dihasilkan dari proyek ini adalah logo UMKM, template feeds, akun Instagram dan e-commerce Shopee, serta brosur digital. Hasil dari implementasi proyek ini adalah peningkatan penjualan produk UMKM melalui Instagram dan peningkatan jumlah pengikut akun Instagram UMKM. Proyek dan artikel ini diharapkan dapat membantu UMKM JHN Shop maupun pembaca dalam mengembangkan pemasaran dalam UMKM agar dapat meningkatkan perekonomian daerah

Downloads

Published

2021-09-28