Membangun Digital Brand Image Melalui Sosial Media Umkm Batagor Kahiji

Main Article Content

Edy Yulianto Putra
Caroline Marninda
Saltycia Chairika
Lenda Lenda
Celine Verliem
Riyan Juliansyah

Abstract

Sejak pandemi berlangsung, penggunaan teknologi seperti sosial media semakin meningkat dan mengharuskan para pebisnis kecil seperti UMKM untuk turut beradaptasi ke sistem penjualan online yang melibatkan teknologi. UMKM Batagor Kahiji sadar akan pentingnya hal tersebut dan sudah menerapkan konsep penjualan online, salah satunya dengan aktif bersosial media. Hal inilah yang menjadi tantangan UMKM Batagor Kahiji dikarenakan tampilan sosial media kini telah menjadi ‘first impression’ para pengguna sosial media terhadap sebuah UMKM maka sangatlah penting untuk memiliki tampilan sosial media yang menarik dan bermutu untuk membangun brand image yang baik. Oleh karena itu, tim penulis akan mengimplementasikan proyek content planning sekaligus pemasaran online melalui influencer untuk membangun brand image UMKM yang lebih baik, serta beberapa program implementasi lainnya. Hasil implementasi menunjukkan UMKM Batagor Kahiji mengalami perubahan yang progresif terbukti dari kenaikan followers dan keseluruhan aspek dari layanan Instagram, peningkatan brand image dan brand awareness masyarakat dengan hadirnya banyak konsumen baru, bahkan peningkatan omset penjualan pada bulan Juli ini padahal UMKM Batagor Kahiji sempat tidak berjualan selama 2 minggu di awal perode implementasi. Hal ini adalah pertanda baik bahwa UMKM Batagor Kahiji masih dapat berkembang lebih baik dengan mengimplementasikan kembali pengalaman dan ilmu yang telah diperoleh dari pelaksanaan proyek ini seperti kembali melakukan endorsement kepada influencer yang sesuai dan pembuatan konten (social media management) yang lebih menarik dan bemutu

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles