Penyusunan Serta Pelaksanaan Strategi Promosi Melalui Media Digital Pada Umkm Nasi Kari Citra Panda Balai Karimun

Main Article Content

Natalis Christian
Veni Sisca
Yusra Aulia Sari
Stivani Ayuning Suwarlan
Heru Erlangga
Joicelyn Agriffina
Emilya Emilya
Khelly Khelly

Abstract

Semenjak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, banyak usaha bisnis yang terkena dampak negatif berupa penurunan omset penjualan, salah satunya Nasi Kari Citra Panda Balai Karimun. Untuk mendapatkan data penelitian, kami melakukan wawancara, observasi, serta diskusi dengan pemilik usaha. Dari data yang diterima, diketahui bahwa salah satu dari empat marketing mix yakni promotion belum terpenuhi. Untuk membantu mengatasi permasalahan ini, kami melaksanakan penelitian dengan tema strategi promosi melalui media digital. Tujuan yang ingin kami capai melalui kegiatan ini yakni meningkatkan promosi mitra melalui media digital. Implementasi yang kami lakukan yakni dengan menyediakan stempel, konten sosial media, serta spanduk dan flyer untuk mengenalkan usaha Nasi Kari Citra Panda Balai Karimun kepada masyarakat Kota Batam. Ada beberapa hal yang telah berhasil dicapai melalui kegiatan ini yakni berubahnya halaman feeds di instagram UMKM @nasikaripanda yang menjadi lebih menarik, masyarakat menjadi mengetahui keberadaan usaha melalui flyer dan konten sosial media yang dibagikan. Selain itu, usaha ini menjadi memiliki spanduk yang berisi informasi detail mengenai produk. Dari implementasi ini kami dapat menyimpulkan bahwa strategi promosi merupakan salah satu kunci penting dalam memajukan dan mengembangkan sebuah usaha. Setelah dinilai berhasilnya penelitian ini, kami ingin memberikan rekomendasi yakni agar penelitian selanjutnya dapat membantu usaha ini dalam mengembangkan produk. Hal ini dapat terlihat dari jumlah menu yang disediakan hanya empat macam. Oleh karena itu, kami berharap kedepannya akan ada inovasi pada produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles