Kunjungan Sosial Mahasiswa UIB ke Panti Asuhan Muhabbatul Haq

Authors

  • Jeslyn Joyce Universitas International Batam
  • Erika Erika Universitas International Batam
  • Sachio Alfonso Fang Universitas International Batam
  • Calvin Lim Universitas International Batam
  • Joeann Angelina Universitas International Batam
  • Arnita Putri Universitas International Batam
  • Hendy Kurniawan Universitas International Batam
  • Steven Wu Universitas International Batam
  • Olga Selvira Saragih Universitas International Batam
  • Jesslyn Jesslyn Universitas International Batam
  • Pelangi Pelangi Universitas International Batam
  • Nazwa Marchella Azmi Universitas International Batam
  • Lu Sudirman Universitas International Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/nacospro.v7i01.11118

Keywords:

Toleransi, Masyarakat, Edukasi

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertema “Kunjungan Sosial Mahasiswa UIB ke Panti Asuhan Muhabbatul Haq” yang dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya pemahaman anak-anak panti terhadap nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan kewarganegaraan. Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan dalam pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak di Panti Asuhan Muhabbatul Haq cenderung memiliki pola pikir yang belum cukup luas dan berisiko tinggi terhadap tindakan intoleransi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB) hadir sebagai fasilitator edukasi dengan menggunakan metode Pendidikan Masyarakat. Kegiatan diadakan secara sistematis mulai dari koordinasi, penyusunan materi, hingga pelaksanaan penyuluhan interaktif yang dipadukan dengan permainan edukatif. Edukasi disampaikan secara  menyenangkan, dan mudah dipahami sehingga melibatkan anak-anak secara aktif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, dokumentasi visual, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari  kegiatan ini menunjukkan peningkatan partisipasi, rasa ingin tahu, dan pemahaman anak-anak terhadap nilai toleransi serta semangat kebersamaan. Antusiasme tertinggi terlihat pada sesi Edugames dan Pojok Literasi. Kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi anak-anak, tetapi juga menjadi bentuk kontribusi nyata mahasiswa terhadap masyarakat. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan evaluasi jangka panjang mengenai perubahan perilaku anak-anak terhadap toleransi, serta mengembangkan modul pembelajaran berbasis permainan yang lebih terstruktur dan berkelanjutan di lingkungan panti asuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-01