Program Hiburan Edukatif dan Bantuan Sosial untuk Anak di Panti Asuhan Mahabbatul Haq
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v7i01.11097Keywords:
anak panti asuhan, hiburan edukatif, bantuan sosial, kesejahteraan anakAbstract
Anak-anak di Panti Asuhan Mahabbatul Haq mengalami keterbatasan akses terhadap hiburan edukatif dan dukungan sosial yang memadai, yang dapat memengaruhi aspek kognitif, emosional, dan sosial mereka. Untuk menjawab tantangan ini, Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dirancang dengan mengintegrasikan program hiburan edukatif dan bantuan sosial. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, wawancara dengan pengurus panti, serta implementasi kegiatan seperti permainan edukatif berbasis kerja sama, pojok literasi, dan pembagian alat tulis serta buku cerita. Selama kegiatan berlangsung, terlihat adanya peningkatan antusiasme, partisipasi aktif, serta ekspresi positif dari anak-anak. Bantuan sosial yang diberikan turut mendukung kebutuhan harian mereka secara konkret. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis hiburan edukatif yang dipadukan dengan dukungan material dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan semangat belajar anak-anak di panti asuhan.




