Menguatkan Media Awareness melalui Pojok Baca di Panti Asuhan 5 Roti 2 Ikan

Authors

  • Ruyi Yoputri Universitas Internasional Batam
  • Freya Princella Universitas Internasional Batam
  • Nelson Thery Lim Universitas Internasional Batam
  • Christian Levtrian Universitas Internasional Batam
  • Dava Rafikasya Tufa Universitas Internasional Batam
  • Chalsius Alfio Hilaire Tantu Universitas Internasional Batam
  • Jelin Vivian Universitas Internasional Batam
  • Jesie Jesie Universitas Internasional Batam
  • Novan Sandiyanda Universitas Internasional Batam
  • Naufal Fakhry Subekti Universitas Internasional Batam
  • Khevin Depardo Universitas Internasional Batam
  • Felix Riady Universitas Internasional Batam
  • Julio Janeilo Universitas Internasional Batam
  • Naomi Priscilla Zancee Universitas Internasional Batam
  • Rahel Morelly Opussunggu Universitas Internasional Batam
  • Yusra Aulia Sari Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/nacospro.v7i01.11083

Keywords:

Media Awareness, Pojok Baca, Panti Asuhan, Meningkatkan kesadaran, Literasi, Edukasi, Membaca, Pengabdian Masyarakat, Anak, Pemanfaatan

Abstract

Minat baca anak-anak di Indonesia, khususnya yang tinggal di panti asuhan, masih tergolong rendah akibat keterbatasan akses terhadap bahan bacaan dan minimnya edukasi media. Menjawab tantangan ini, kelompok mahasiswa Bobobox 3 menginisiasi pembangunan pojok baca di Panti Asuhan 5 Roti 2 Ikan di Batam. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menggunakan media secara bijak sejak usia dini. Program ini dimulai dengan survei lokasi awal, diskusi intensif dengan 16 anggota, tim merancang skema pendanaan, logistik, jadwal pelaksanaan, dan perizinan kegiatan. Pojok baca yang dibangun dilengkapi dengan koleksi buku yang bervariasi dan relevan, serta dikemas dengan pendekatan partisipatif agar anak-anak merasa nyaman dan tertarik membaca. Selain itu, tim juga menyisipkan edukasi ringan mengenai literasi media sebagai bagian dari kegiatan harian mereka. Kegiatan ini tidak hanya memberikan akses terhadap sumber informasi tertulis, tetapi juga berfungsi sebagai wadah edukasi media memperkenalkan bagaimana memanfaatkan media secara positif. Dengan demikian, intervensi ini menjadi bagian dari pendidikan non-formal yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan zaman. Hasil awal menunjukkan antusiasme tinggi dari anak-anak panti, tercermin dalam peningkatan waktu baca dan diskusi ringan yang mereka lakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-01