Pembuatan Video Gerakan Sekolah Adiwiyata Smps Charitas Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v7i01.10968Keywords:
Adiwiyata, produksi video, media sosial, kerja praktek , MDLCAbstract
Tujuan dari kerja praktek ini adalah untuk membuat konten visual, yaitu video dokumentasi Program Adiwiyata di SMPS Charitas Batam. Video ini akan digunakan sebagai cara untuk mempromosikan dan mengajar melalui media sosial, terutama Instagram. Program Adiwiyata adalah upaya sekolah untuk mengajarkan siswa tentang kepedulian lingkungan melalui kegiatan nyata seperti menanam pohon, menjaga lingkungan, dan mengelola sampah. Metode Life Cycle of Multimedia Development (MDLC) terdiri dari enam tahap: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pengembangan, pengujian, dan distribusi. Ini adalah alur kerja proses produksi video. Observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi visual dikumpulkan selama pelaksanaan sesuai dengan prinsip Adiwiyata. Hasil akhir adalah video pendek yang menampilkan upaya siswa untuk mempertahankan lingkungan sekolah. Video yang diposting di akun Instagram sekolah mendapat tanggapan positif dari siswa, guru, dan orang tua. Kegiatan ini tidak hanya memberikan bantuan nyata kepada sekolah, tetapi juga menjadi pengalaman praktis yang signifikan bagi siswa untuk membuat konten digital yang berbasis nilai sosial dan edukasi. Ada beberapa saran untuk pengembangan lebih lanjut, seperti memberikan instruksi kepada guru dan siswa tentang cara membuat konten digital, dan mendistribusikan konten ke lebih banyak platform media sosial.




