Pelatihan Animasi 2d sebagai Pendamping Ekskul Animasi di Sma Kartini Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v7i01.10823Keywords:
2D animation, Pelatihan, Capcut, Ekstrakurikuler, SMA Kartini BatamAbstract
Artikel ini membahas mengenai kerja praktik yang bertujuan untuk mendukung pengembangan kemampuan animasi 2D siswa-siswi SMA Kartini Batam melalui pelatihan ekstrakurikuler. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman dan pengalaman siswa serta tidak adanya program pelatihan yang terstruktur. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pelatihan langsung serta pendampingan menggunakan aplikasi CapCut. Hasilnya, siswa mampu memahami dasar-dasar animasi 2D dan menghasilkan animasi bertema PPDB dengan durasi maksimal satu menit. Kegiatan ini meningkatkan kemampuan digital dan kepercayaan diri siswa. Kedepannya, pelatihan lanjutan dengan materi teknis yang lebih mendalam dan eksplorasi software animasi lainnya sangat disarankan.