Pelatihan Desain Grafis sebagai Pendamping Ekskul Desain Grafis di SMAK Yos Sudarso
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v7i01.10806Keywords:
Ekstrakurikuler, Desain Grafis, SMAK Yos Sudarso, Figma, Teori Warna, NamecardAbstract
AbstrakKegiatan ekstrakurikuler di sekolah merupakan salah satu wadah penting untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di luar pembelajaran akademik. Di SMAK Yos Sudarso Batam, salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan adalah desain grafis. Namun, kegiatan ini masih menghadapi tantangan seperti kurangnya materi pembelajaran yang terstruktur dan minimnya pendampingan dari tenaga dengan latar belakang profesional. Melalui kegiatan kerja praktik ini, dilakukan pendampingan dalam bentuk perancangan dan pelaksanaan materi ajar berupa modul pembelajaran desain grafis dengan pendekatan yang sederhana dan aplikatif. Materi yang disampaikan meliputi teori warna, pengenalan software Figma, serta praktik membuat kartu nama. Kegiatan ini disusun menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) agar proses perancangan modul dapat berjalan sistematis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih memahami dasar desain secara visual dan mampu menghasilkan karya desain sederhana secara mandiri.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Desain Grafis, SMAK Yos Sudarso, Figma, Teori Warna, Namecard.
Abstract
Extracurricular activities at school are an essential platform for developing students' interests and talents beyond academic learning. At SMAK Yos Sudarso Batam, one of the offered programs is graphic design. However, this activity still faces challenges such as the lack of structured learning materials and limited guidance from professionals. Through this internship project, assistance was provided in the form of designing and delivering structured learning content through a graphic design module with a simple and practical approach. The materials covered include color theory, an introduction to the Figma design software, and a hands-on project of creating a name card. The entire process followed the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method to ensure a systematic development of the learning module. As a result, students demonstrated better understanding of visual design fundamentals and were able to create simple design works independently.
Keywords: Extracurricular, Graphic Design, SMAK Yos Sudarso, Figma, Color Theory, Namecard.