Perancangan dan Implementasi Photostock di Sekolah Smkn 10 Batam dengan Penerapan Metode 4d
DOI:
https://doi.org/10.37253/nacospro.v7i01.10786Keywords:
Photostock, Dokumentasi, Metode 4D, Fotografi, Sekolah, PhotoshootAbstract
Artikel ini membahas kegiatan kerja praktek yang dilakukan di SMK Negeri 10 Batam, dengan fokus pada produksi photostock sebagai solusi terhadap kebutuhan dokumentasi dan promosi visual sekolah. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah keterbatasan arsip visual yang representatif dan siap pakai. Untuk menjawab tantangan tersebut, digunakan metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang terbukti efektif dalam pengembangan media berbasis kebutuhan pengguna. Proses kegiatan dimulai dengan identifikasi kebutuhan visual, perancangan konsep pemotretan, pelaksanaan pengambilan gambar, hingga penyusunan hasil akhir dalam bentuk digital. Luaran berupa kumpulan photostock diklasifikasikan ke dalam kategori yang relevan dan diserahkan kepada pihak sekolah melalui Google Drive. Hasil dokumentasi telah diimplementasikan secara aktif oleh sekolah dalam media promosi seperti banner, poster, dan video Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2025. Kegiatan ini tidak hanya menghasilkan luaran yang bermanfaat bagi mitra, tetapi juga meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan proyek media visual secara profesional.




