Membangun Visi Perubahan Lingkungan Belajar Melalui Kegiatan Lokakarya Guru Penggerak

Authors

  • Muhammad Febri Rafli Universitas Samudra
  • Mahlianurrahman Mahlianurrahman Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.37253/madani.v2i4.9797

Keywords:

Guru, Penggerak, Lokakarya, Visi, Lingkungan

Abstract

Salah satu rangkaian kegiatan dalam pendidikan guru penggerak adalah pendampingan dalam kegiatan lokakarya calon guru penggerak. Pendampingan ini dilakukan sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi dan peran yang baik dalam mewujudkan visi pembelajaran. Tujuan kegiatan lokakarya untuk membangun dan merancang visi perubahan di lingkungan belajar dalam mewujudkan nilai, peran dan visi guru penggerak. Kegiatan lokakrya dilaksanakan di SDN Percontohan Langsa. Metode pengabdian yang digunakan evaluasi dan kolaborasi antara pengajar praktik dan calon guru penggerak. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa kegiatan lokakarya di SDN Percontohan efektif dalam membangun visi perubahan lingkungan belajar calon guru penggerak. Selama kegiatan tersebut, calon guru penggerak dituntut untuk bekerja secara berkelompok dan mandiri dalam menyelesaikan setiap aktifitas pembelajaran. Selain itu, melalui kegiatan lokakarya guru dapat menjelaskan dan perkembangan prakarsa perubahan yang sudah dilakukan serta merancang penerapan disiplin positif di sekolah. Guru juga mendapatkan pemahaman secara langsung dalam memandu pembuatan keyakinan kelas serta mempraktikkan segitiga restitusi dalam penerapan disiplin positif di sekolah. Dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kreativitas, kolaborasi, kemandirian serta pemecahan masalah. Diharapkan, kegiatan dapat diterapkan dan dibagikan secara luas di sekolah-sekolah lain untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-29

Issue

Section

Articles