Strategi Promosi atau Membangun Brand Image pada Media Digital/Online pada UMKM Fashion @Highlaff.id2
DOI:
https://doi.org/10.37253/madani.v2i2.8945Keywords:
Pemasaran Online Shop, Integrated Marketing Communication (IMC), Strategi Digital MarketingAbstract
Laporan ini membahas peran dan strategi pemasaran online shop dengan fokus pada Highlaff.id, sebuah platform penjualan daring. Dengan masyarakat semakin tertarik pada online shop, faktor-faktor seperti harga ekonomis, pengiriman gratis, dan pengalaman berbelanja yang nyaman menjadi pendorong utama. Media sosial seperti Instagram dan TikTok menjadi sarana utama bagi pelaku bisnis daring untuk melakukan promosi dan penjualan secara efisien.Penelitian ini menerapkan Teori Integrated Marketing Communication (IMC) dalam strategi penjualan online shop, menggabungkan elemen periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan digital, serta identitas merek. Dalam era digital, IMC menjadi landasan esensial, memanfaatkan data dan analitik untuk membangun keterlibatan konsumen dan citra merek positif melalui interaksi langsung dengan konsumen di platform sosial media. Selanjutnya, laporan ini menyoroti tantangan yang dihadapi oleh online shop Highlaff.id2, terutama terkait omset pendapatan yang kurang stabil dan ketidakmengenalannya di kalangan masyarakat. Dalam rangka membantu pemilik usaha mengatasi masalah ini, penelitian ini memaparkan implementasi strategi digital marketing, terutama melalui video promotion dan advertising di TikTok dan Instagram. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pemilik usaha, pelanggan, dan manajemen operasional Highlaff.id2.Hasil implementasi menunjukkan adanya peningkatan respons positif dan pengikut di media sosial, memberikan dorongan positif terhadap penjualan online shop Highlaff.id2. Penelitian ini berusaha memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana penerapan IMC dan strategi digital marketing dapat meningkatkan kinerja dan keberhasilan online shop, dengan fokus pada studi kasus Highlaff.id2 di tengah persaingan yang ketat di pasar e-commerce.