Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru dengan Pembelajaran Berbasis Kompetensi Melalui In House Training

Main Article Content

Madya Aditama

Abstract

Pembelajaran dalam era learning loss pasca pandemi memberikan tantangan kepada guru dan satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kebijakan Kurikulum Merdeka yang harus diimplementasikan serta target kompetensi yang harus dicapai siswa dalam Profil Pelajar Pancasila merupakan kesatuan yang harus dilakukan oleh guru dilapangan. Guru – guru akan dapat menjalankan pembelajaran denagn lebih mudah dan aktif jika disesuaikan dengan kebutuhan dan pemaksimalan kompetensi yang tepat. Perlunya peningkatan komptensi guru dalam mengajar sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut. Kegiatan In House Training (IHT) di SD Muhammadiyah Limpung ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah di sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang meliputi FGD, refleksi, diskusi, konsultasi dan praktik. Tujuan utama dalam kegiatan pelatihan ini adalah: 1) peserta mengetahui konsep Pembelajaran berbasis Kompetensi yang sesuai untuk penerapan Kurikulum Merdeka; 2) peserta mengetahui penerapan Pemebelajaran berbasis kompetensi; 3) peserta memiliki kanvas pembelajaran berbasi Kompetensi sesuai implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini berdampak baik kepada guru – guru di SD Muhammadiyah Limpung dalam mengembangkan pembelajaran berbasis kompetensi. Hal ini ditunjukkan dengan pembuatan kanvas rancangan pembelajaran berbasis kompetensi yang disesuaikan denagn latar belakang dan kondisi masing – masing siswa dan lingkungan sekolah.


Learning in the post-pandemic learning loss era challenges teachers and education units in improving the quality of learning. The Merdeka Curriculum policy that must be implemented and the competency targets that students must achieve in the Pancasila Student Profile are a unity that must be carried out by teachers in the field. Teachers will be able to carry out learning more easily and actively if it is tailored to the needs and maximisation of appropriate competencies. The need to increase teacher competence in teaching is needed to face these challenges. The In House Training (IHT) activity at SD Muhammadiyah Limpung was attended by 20 participants consisting of teachers and principals at the school. The method used was training which included FGD, reflection, discussion, consultation and practice. The main objectives in this training activity are: 1) participants know the concept of Competency-based Learning which is suitable for implementing the Merdeka Curriculum; 2) participants know the application of competency-based learning; 3) participants have a competency-based learning canvas according to the implementation of the Merdeka Curriculum. This activity has a good impact on teachers at SD Muhammadiyah Limpung in developing competency-based learning. This is shown by making a competency-based learning design canvas that is adjusted to the background and conditions of each student and the school environment. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles