Strategi Pemasaran Inovatif Produk Olahan Daun Tin untuk Menjangkau Generasi Z

Authors

  • R. Alamsyah Sutantio Politeknik Negeri Jember
  • Lintang Anis Bena Kinanti Politeknik Negeri Jember
  • Dinu Saadillah Politeknik Negeri Jember
  • Fitriya Andriyani Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.37253/madani.v3i3.10794

Keywords:

pemasaran digital, UMKM, generasi Z, tanaman tin, podcast

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara perusahaan memasarkan produknya secara fundamental. Digital marketing telah menjadi salah satu alat utama dalam menjangkau konsumen modern, terutama Generasi Z. Penerapan digital marketing juga telah diadopsi oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Saat ini pelaku UMKM harus mampu memasarkan produknya menggunakan media digital untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap penawaran UMKM tersebut. Salah satunya adalah UMKM olahan daun tin. Banyaknya kandungan gizi dan mineral positif pada daun tin yang berpengaruh baik pada tubuh menjadikan daun tin sehat untuk dikonsumsi. Sehingga cara dan bentuk penyajiannya dapat disesuaikan dengan selera konsumennya. Saat ini Jember Tin Garden telah memproduksi sejumlah produk olahan buah dan daun tin, salah satunya adalah keripik daun tin. Kendala dan permasalahan yang dihadapi yaitu mitra belum memiliki brand yang diciptakan untuk produk olahan keripik daun tin. Selain itu pihak mitra juga belum memiliki strategi pemasaran produk olahan keripik daun tin khususnya yang menyasar generasi Z. Dampaknya, produk olahan keripik daun tin tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Solusi dari permasalahan ini diwujudkan dalam bentuk perancangan brand keripik daun tin serta analisis strategi serta pemasaran produk Kepodtin untuk menjangkau pangsa pasar baru yaitu Generasi Z yang bersifat lebih dinamis dan inovatif. Selain menggunakan podcast, penyebaran informasi produk juga dilakukan melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok. Strategi ini nantinya akan dijalankan secara komprehensif dan berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles