Pelatihan Menulis Puisi dengan Model Konstruktivisme Berbantuan Media Audio Visual untuk Siswa Kelas X Fase E SMA Pertiwi 1 Padang
DOI:
https://doi.org/10.37253/madani.v3i4.10781Keywords:
Audio Visual, Film Pendek, Konstruktivis, Pelatihan Menulis Puisi, Siswa SMAAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X Fase E SMA Pertiwi 1 Padang melalui model konstruktivis berbantuan media audio visual berupa film pendek. Masalah yang mendasari kegiatan ini adalah masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi, terutama dalam hal menemukan tema, memilih diksi, serta menyusun larik dan bait secara padu. Selain itu, siswa juga belum terlatih untuk menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi sebagai sumber ide dan pengembangan tema. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2025 dan melibatkan dua dosen, satu mahasiswa, dan tiga puluh siswa kelas X Fase E. Metode pelaksanaan terdiri atas ceramah interaktif, pemutaran film pendek, diskusi tematik, serta praktik menulis puisi secara bertahap dengan bimbingan langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat dan keberanian siswa dalam menulis puisi, serta perbaikan signifikan dalam struktur dan kualitas puisi yang dihasilkan. Dengan demikian, pendekatan konstruktivis berbantuan media audio visual terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa sekolah menengah.