Pendampingan Strategi Efisiensi Biaya untuk UMKM Ayam Geprek King Chicken
DOI:
https://doi.org/10.37253/madani.v3i4.10775Keywords:
UMKM, Ayam Geprek, Ekonomi Manajerial, Harga Sembako, Strategi BisnisAbstract
Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam ekonomi nasional, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Namun, perubahan ekonomi, seperti kenaikan harga bahan baku pokok, memengaruhi sektor ini. Peran ekonomi manajemen dalam menjaga bisnis ayam geprek bertahan di tengah tekanan kenaikan harga sembako adalah subjek penelitian ini. Pengusaha ayam geprek "King Chicken Geprek" yang berlokasi di Cikarang Selatan disurvei secara langsung dan melakukan wawancara mendalam. Pendekatan kualitatif digunakan dalam kegiatan ini. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelaku usaha menghadapi masalah besar karena perubahan harga bahan baku utama seperti ayam, cabai, dan minyak goreng. Untuk mengatasi situasi ini, pelaku usaha perlu menggunakan strategi efisiensi biaya, promosi teratur, dan penyesuaian operasional untuk mempertahankan keuntungan tanpa menaikkan harga jual. Pengabdian ini menekankan bahwa untuk menjaga daya saing dan keberlanjutan UMKM di tengah ketidakpastian ekonomi, pendampingan ekonomi manajerial seperti pengambilan keputusan strategis dan analisis biaya-manfaat sangat penting diadakan.