Seminar Generasi Muda Merancang Game untuk Pemula bagi Siswa SMK

Authors

  • Holong Marisi Simalango Universitas Universal

DOI:

https://doi.org/10.37253/madani.v3i3.10560

Keywords:

Pengembangan Gim, Industri Gim, Game Engine Codeless, SMK

Abstract

Kegiatan Seminar merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk media meningkatkan minat, wawasan, dan pengetahuan siswa SMK, khususnya di SMK Maitreyawira Batam dalam bidang ilmu komputer dan produksi gim, serta membekali siswa dengan kompetensi membangun gim menggunakan game engine. Latar belakang masalah yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan kompetensi siswa pada ranah ilmu komputer. Industri gim memiliki kontribusi signifikan pada perekonomian Indonesia, menciptakan lapangan kerja dan menjadi pilar ekonomi kreatif yang penting untuk dikembangkan. Dengan adanya dorongan dari Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka terkait penambahan pelajaran pemrograman di sekolah dasar, mempersiapkan siswa dalam pengembangan gim menjadi relevan. Metode pelaksanaan seminar "Generasi Muda Merancang Game untuk Pemula" ini dibagi menjadi enam bagian meliputi penjadwalan, wawancara, persiapan materi, publikasi kegiatan, pelaksanaan seminar, serta evaluasi. Seminar ini memperkenalkan game engine codeless seperti Construct, Unity, Unreal, Gamemaker, dan GDevelop, yang memudahkan pembuatan game bagi pemula tanpa perlu menulis kode rumit. Hasilnya menunjukkan bahwa seminar ini berlangsung dengan baik, didukung oleh kerja sama antara Universitas Universal dan SMK Maitreyawira Batam. Sebanyak 300 lebih siswa berpartisipasi dengan antusias, terutama dalam sesi tanya jawab mengenai pengembangan game sebagai pilihan karir.

Downloads

Published

2025-06-20

Issue

Section

Articles