Implementasi Flower of Service Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Jasa Snowie Studio

Authors

  • Andina Fasha Universitas Internasional Batam
  • Aprian Dickson Universitas Internasional Batam
  • Janice Adora Universitas Internasional Batam
  • Juwita Prima Yeo Universitas Internasional Batam
  • Sheryl Lau Universitas Internasional Batam
  • Valencia Nathania Universitas Internasional Batam
  • Vincent Lie Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/madani.v3i2.10108

Keywords:

Flower of Service, Quality Service, MSMEs

Abstract

Artikel ini membahas implementasi model Flower of Service untuk meningkatkan kualitas layanan pada Snowie Studio, yaitu usaha yang bergerak dalam bidang jasa kaligrafi. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh Snowie Studio adalah menentukan harga produk kaligrafi yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan kualitas yang ditawarkan. Model Flower of Service digunakan untuk menganalisis dan merancang elemen-elemen dalam layanan yang dapat mendukung penentuan harga produk yang optimal, serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai pemilik dari Snowie Studio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengoptimalkan elemen- elemen pendukung dalam Flower of Service, seperti kualitas produk, layanan tambahan, dan komunikasi yang efektif, Snowie Studio dapat menetapkan harga yang lebih sesuai dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Melalui penelitian ini diharapkan agar Snowie Studio dapat menetapkan harga yang jelas dan memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan melalui layanan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Downloads

Published

2025-01-31