Pelatihan Pemilihan Lokasi Usaha UMKM Nasi Goreng Ceria 01 Mas Irin Menggunakan Metode Analisis Biaya Volume

Authors

  • Aulia Fajri Universitas Pelita Bangsa
  • Liya Ayu Sukmawati Universitas Pelita Bangsa
  • Sindy Fitriana Universitas Pelita Bangsa
  • Wiji Safitri Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37253/madani.v3i2.10093

Keywords:

Analisis Biaya Volume, Lokasi Strategis, Manajemen Operasional, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, UMKM

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Nasi Goreng Ceria 01 milik Mas Irin. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode analisis volume biaya untuk menentukan lokasi usaha yang strategis. Metode ini dipilih karena dapat menganalisis hubungan antara biaya tetap, biaya variabel, volume penjualan, dan laba. Metode analisis biaya volume ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan dengan lebih terukur. Untuk memulai kegiatan pengabdian ini, data keuangan perusahaan dikumpulkan; ini termasuk analisis biaya tetap, biaya variabel, dan penjualan harian. Selain itu, survei lokasi lain dilakukan dengan mempertimbangkan kepadatan penduduk, aksesibilitas, dan kemungkinan daya beli pelanggan. Dengan mempertimbangkan gambaran pendapatan dan biaya operasional masing-masing lokasi, analisis volume biaya yang digunakan untuk salinan skenario keuntungan di berbagai lokasi. Setelah dilakukan analisis menggunakan metode analisis biaya volume dengan hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa penerapan analisis biaya volume membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) memahami struktur biaya dan potensi keuntungan dengan lebih baik serta dapat menentukan lokasi yang strategis untuk lapak penjualan. Lokasi strategi yang dipilih meningkatkan volume penjualan dan efisiensi operasional. Selain itu, pemilik usaha akan lebih mampu mengelola bisnis mereka dalam jangka panjang berkat pelatihan tentang penggunaan metode ini. Jadi, metode analisis biaya-volume-laba terbukti menjadi alat yang efektif untuk membantu pengambilan keputusan strategi, terutama dalam memilih lokasi usaha yang ideal untuk menghentikannya. dan pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UMKM).

Downloads

Published

2025-01-31