Perencanaan Jarak Pandang Terhadap Faktor Risiko Kecelakaan di Jalan (Studi Kasus: Jl. Baribis, Majalengka)
DOI:
https://doi.org/10.37253/leader.v2i5.10350Keywords:
Jalan, jarak, pandang, faktor, kecelakaan.Abstract
Jalan menitikberatkan pada perencanaan bentuk fisik sehingga menghasilkan infrastruktur dan layanan lalu lintas yang aman serta biaya pelaksanaan yang efisien dan ekonomis di suatu negara. Faktor-faktor yang dapat mengganggu jarak pandang meliputi kondisi cuaca buruk, negara-negara yang memiliki kondisi cuaca yang sering kabur atau berkabut, seperti di beberapa bagian daerah pegunungan, sering menghadapi tantangan besar terkait jarak pandang. Hasil jurnal ini menunjukkan bahwa faktor kecelakaan terhadap jarak pandang yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan risiko kecelakaan. Penelitian ini berlokasi pada Jl. Baribis, Majalengka yang terletak pada kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode BINA MARGA, yang digunakan di Indonesia untuk perencanaan dan pelaksanaan konstruksi jalan. Dalam jarak pandang henti (JH), pengemudi dapat melihat kendaraan atau objek yang berhenti di depannya dengan jelas sebelum menghentikan kendaraannya untuk menghindari tabrakan. Menurut peraturan lalu lintas dan teknik mengemudi yang aman, pengemudi diharapkan untuk selalu mempertahankan jarak pandang henti yang cukup untuk mencegah kecelakaan dan memastikan keselamatan lalu lintas. Jarak pandang mendahului adalah jarak yang diperlukan untuk melihat kondisi jalan dengan aman. Melakukan manuver ini dengan hati-hati dan tepat waktu akan meningkatkan keselamatan lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan, sangat penting untuk mengetahui jarak pandang mendahului untuk keselamatan berkendara. Dalam perencanaan pengelolaan infrastruktur transportasi, klasifikasi jalan berdasarkan fungsinya sangat penting karena memungkinkan untuk menetapkan tujuan utama untuk setiap jenis jalann, jalan kolektor seperti pada Jl. Baribis, Majalengka, jalan yang menghubungkan antar kecamatan atau antar desa dengan kota kecil. Oleh karena itu, menerapkan jarak pandang henti dan mendahului dengan benar untuk menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan orang yang menggunakan jalan.
References
Andito, I. R. (2022). The Design of Alignment Horizontal Using Indonesia Highway Design Standard: A Case of Jalan Babat–Tapen, East Java. . Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 199-210.
Babić, D. F. (2020). Road markings and their impact on driver behaviour and road safety: A systematic review of current findings. . Journal of advanced transportation, 7843743.
Bobermin, M. P. (2021). Driving simulators to evaluate road geometric design effects on driver behaviour: A systematic review. Accident Analysis & Prevention, 105923.
Cai, X. L. (2020). Road traffic safety risk estimation method based on vehicle onboard diagnostic data. . Journal of advanced transportation, 3024101.
Gao, K. T. (2020). Impacts of reduced visibility under hazy weather condition on collision risk and car-following behavior: Implications for traffic control and management. . International journal of sustainable, 635-642.
Heydari, S. H. (2019). Road safety in low-income countries: state of knowledge and future directions. . Sustainability, , 6249.
Hristov, B. (2020). Determination of the Existing Sight Distance and its Influence on the Speed on Highways.. 022039.
Imprialou, M. &. (2019). Crash data quality for road safety research: Current state and future directions. . Accident Analysis & Prevention, 84-90.
Jima, D. &. (2020). The impact of road geometric formation on traffic crash and its severity level. . Sustainability, 8475.
Joice, E. O. (2022). The Link Road Design of Jalan Plupuh Tanon And Jalan Gabugan Section 1, Sragen Indonesia. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 211-223.
Joshua, J. &. (2023). The Geometric Design of Horizontal Alignment: A Case Of Post-Harvest Infrastructure Corn Drying Center, Tuban, East Java}. Indonesia Journal of Multidisciplinary, 275-288.
Magyari, Z. K. (2021). Sight distances at unsignalized intersections: A comparison of guidelines and requirements for human drivers and autonomous vehicles. . Archives of transport, 7-19.
Malin, F. N. (2019). Accident risk of road and weather conditions on different road types. . Accident Analysis & Prevention, 181-188.
Maulana, S. H. (2022). The Horizontal Curved Geometric Redesign on Jalan Kayu Api Kuala Penaso, Riau Using the Autocad Civil 3d® Method. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 318-330.
Miclea, R. C. (2020). Laser and LIDAR in a system for visibility distance estimation in fog conditions. . Sensors, 6322.
Mohammed, A. A. (2019). A review of traffic accidents and related practices worldwide. The Open Transportation Journal.
Moosavi, S. S. (2019). A countrywide traffic accident dataset. arXiv preprint arXiv:1906.05409.
Muatan, J. A. (2022). The Analysis of National Road User Satisfaction in Urban Area (Case Study of The PGC-Kramat Jati-Graha Cijantung Route, Jakarta). Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 397-408.
Pantangi, S. S. (2020). Do High Visibility Enforcement programs affect aggressive driving behavior? An empirical analysis using Naturalistic Driving Study data. Accident Analysis & Prevention, 105361.
Papadimitriou, E. F. (2019). Review and ranking of crash risk factors related to the road infrastructure. Accident Analysis & Prevention. Accident Analysis & Prevention,, 85-97.
Pratiwi, A. H. (2023). The Horizontal Alignment Design Jalan Prabumulih-Simpang Belimbing Muara Enim, South Sumatra. . LEADER: Civil Engineering and Architecture Journal, 342-350.
Resinta, T. &. (2023). The Traffic Jam Phenomenon at Traditional Village: A Case of User Perception in Batam, Indonesia. . LEADER: Civil Engineering and Architecture Journal, 36-43.
Rifai, A. I. (2024). The Implementation of Autocad® Civil 3D for Road Geometric Redesign on Educational Areas: A Case Leumah Neundet Bandung. In E3S Web of Conferences. 05003.
Rosaria, L. R. (2022). Geometric Design of Horizontal Aligment: A Case Of Post-Harvest Infrastructure Corn Drying Center, Turban East Java. Indonesian Journal of Multidisciplinary, 224-236.
Sahaf, A. M. (2021). 3D Sight Distance Calculation and Estimation of its Effect on Road Accidents in GIS Environment. Shock and Vibration, 5298309.
Salsabila, S. R. (2022). The Geometric Design of Horizontal Curves Using The Autocad Civil 3D® Method: A Case Study of Trans Flores Roads. . Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 251-264.
Wang, H. W. (2019). Lane detection of curving road for structural highway with straight-curve model on vision. IEEE Transactions on Vehicular Technology, 5321-5330.
Yu, B. C. (2019). Quantifying visual road environment to establish a speeding prediction model: an examination using naturalistic driving data. . Accident Analysis & Prevention, 289-298.
Ziakopoulos, A. &. (2020). A review of spatial approaches in road safety. Accident Analysis & Prevention, 105323.
Zolali, M. M. ( 2021). (2021). A behavioral model of drivers’ mean speed influenced by weather conditions, road geometry, and driver characteristics using a driving simulator study. Advances in civil engineering,, 55.