Rigid Pavement Structure Design for the Ampel-Bantarwaru Majalengka Road Section
DOI:
https://doi.org/10.37253/leader.v2i4.10205Keywords:
Perkerasan jalan , perkerasan kaku, rigid pavementAbstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam desain ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu desain yang menggunakan berbagai teknik, seperti penelitian observasional, untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengklasifikasikan data. Lokasi dan waktu perancangan Desain dilaksanakan pada ruas Jalan Ampel-Bantarwal sepanjang ±4 km. Masa persiapan tugas besar siklus pengerasan jalan adalah ±4 bulan. Peta situs desain. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif yang mendeskripsikan, menganalisis, dan mengkategorikan data dengan menggunakan berbagai metode, termasuk penelitian observasi. Waktu dan tempat penelitian ini dilakukan di ruas Jalan Ampel – Bantarwaru panjang ruas jalan ± 4 Km. Waktu pembuatan Tugas Besar Mata Kuliah Perkerasan Jalan Yaitu ± 4 bulan. Perkerasan jalan terdiri dari satu atau beberapa lapisan material yang dipadatkan di atas material dasar. Aspal adalah bahan utama yang digunakan dalam perkerasan lentur. Beton adalah bahan utama perkerasan jalan yang terbuat padat dibuat dari campuran semen portland, pasir, kerikil, dan material tambahan. Menurut evaluasi dan perhitungan pemadatan yang kuat. Dari sini jelas bahwa metode pemadatan semen-beton digunakan dalam desain struktur ini, dan bentuk pemadatan yang digunakan adalah bentuk pemadatan yang memiliki tulangan kontinu dengan menggunakan tulangan sebagai pengganti beton yang panjang. Beton jenis k-350 dengan tebal 200 cm diaplikasikan pada lapisan pondasi terbawah. Tulangan terbuat dari kawat, BJTP-24 ⌀ 33 dengan spasi 300 mm, tulangan memanjang (dowel), dan tulangan horizontal BJTD-32 ⌀ 16 dengan spasi 750 mm. Patuhi panduan untuk pembuatannya.
References
References
Agniya, A. H. (2022). The Geometric Design of New Jakarta-Cikampek Highway Access Using Autocad® Civil 3D: A Case of West Karawang Industrial Area. . ndonesian Journal of Multidisciplinary Science, 1(1), 189-198.
Andri Irfan Rifai, R. B. (2020). ANALYSIS OF THE EFFECTS OF OVERLOADING ON THE AGE OF THE ROAD CASE STUDY TANGERANG-MERAK KM 72 S/D KM 77. Neutron, 72-80.
Anisarida, A. A. (2021). Pengaruh Geometrik Jalan Substandar Terhadap Potensi Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Nasiona. Jurnal Transportasi, 21(3), 219-228.
Arthono, A. &. (2022). Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya Menggunakan Metode Analisa Komponen SNI 1732-1989-F Ruas Jalan Raya Mulya Sari Kecamatan Pamanukan Sampai Kecamatan Binong Kabupaten Subang Propinsi Jawa Barat. urnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 6(1, 41-51.
Bamher, B. G. (2020). Analisis Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Pada Proyek Jalan Baru Batas Kota Singaraja-Mengwitani, Buleleng (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta). jurnal teknik sipil, 233.
Bertarina, O. M. (2022). Analisis Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus: Jalan Raya Za Pagar Alam di Bawah Flyover Kedaton Kota Bandar Lampung). . J. Tek. Sipil ITP, 9(1), 5., 5.
Bulan, M. P.-5. (2021). Identifikasi Kerusakan Jalan Perkerasan Kaku Untuk Program Preservasi Jalan. In Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi , 523-523.
Dardak, H. Z. (2020). A conceptual pavement optimization considering costs and M&R interventions (Learn from Long Segment Maintenance Contract). . Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12.
Farid, M. R. (2022). . The Alignment Horizontal Design of Alternative Road: A Case of Jalan Subang–Cikamurang, West Java. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 1(1, 344-356.
Irianto, I. N. (2021). Perancangan Perkerasan Jalan. jurnal teknik sipil, 23-24.
Kalawa, N. S. ( 2021). Pengaruh Penambahan Semen Portland, Abu Sekam, Dan Fly Ash Terhadap Nilai Daya Dukung Tanah Lempung Sebagai Subgrade Perkerasan Jalan. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 4(1), 43-51.
Khamid, A. F. (2023). Pengaruh Volume Kendaraan terhadap Tingkat Kerusakan Jalan pada Perkerasan Rigid di Jatibarang-Brebes. Era Sains : Jurnal Penelitian Sains, Keteknikan dan Informatika, 91-107.
Nabawi, I. W. (2021). Analisis Dampak Kerusakan Jalan terhadap Pengguna Jalan dan Lingkungan di Ruas Jalan Pebatan-Rengaspendawa Brebes. Infratech Building Journal, 2(1., 28-34.
Prasetiyo, H. P. ((2020)). Studi Perencanaan Perkerasan Lentur Dan Rencana Anggaran Biaya (Pada Proyek Ruas Jalan Karangtalun–Kalidawir Kabupaten Tulungagung). J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, 3(2), 3., 47-361.
Putra, K. H. (2022). DESAIN PERKERASAN KAKU PADA JALAN KANDANGAN–SEMEMI, SURABAYA DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017. TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi). jurnal Program Studi Teknik Sipil, 12(1), 14-23.
Subagyo, S. &. (2021). Pengendalian Pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo. CivETech, 3(2),, 66-81.
Subagyo, S. &. (2021). Pengendalian Pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo. CivETech, 3(2), 66-81.
Viranti Fahra Salsabila, A. I. (2022). THE GEOMETRIC DESIGN OF HORIZONTAL CURVED ON JALAN CURVED ON JALAN DRONO-NGANOM, WONOGIRI USING AutoCAD CIVIL 3D. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 304-317.
Wincent Wincent, A. I. (2021). THE ROAD PERFORMANCE ALAYSYS IN JALAN AHMAD YANI BATAM USING IHCM 1997. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 103-116.
Zulkifli, Z. P. ((2022). ). ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKIBAT AKTIFITAS PASAR TRADISIONAL LASI TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN KABUPATEN AGAM. ), . Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(2, 186-199.