Penerapan Media Interaktif Internet Of Things Di SMA NEGERI 26 BATAM
DOI:
https://doi.org/10.37253/landmark.v3i1.11108Keywords:
memberikan edukasi, Internet Of Things, Pengabdian Masyarakat, Teknologi Informasi, IOTAbstract
Penerapan media interaktif berbasis Internet of Things (IoT) di SMA Negeri 26 Batam bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar melalui pemanfaatan teknologi digital yang inovatif yang berbasis pada IoT. Dengan mengintegrasikan perangkat IoT ke dalam proses belajar mengajar supaya lebih efisien dan terkoordinasi dengan baik, kegiatan ini mendorong terciptanya lingkungan belajar dan mengajar yang lebih interaktif, efisien, dan juga responsif terhadap kebutuhan siswa khususnya siswa SMA Negeri 26 Batam. Selain itu, program pengabdian ini juga dirancang untuk menumbuhkan minat dan kreativitas siswa dalam bidang teknologi, serta membiasakan mereka dalam penggunaan perangkat pintar atau smart teknology secara positif dan lebih produktif. Diharapkan, melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga mampu memahami dan mengembangkan solusi yang berbasis pada IoT secara relevan dan efisien pada kehidupan sehari hari dan pada kehidupan mendatang di dunia kerja yang selalu berkembang dalam teknologi.
Downloads
References
Suhendi A., Hamuda H., Agustini E. (2024). PENGENALAN TEKNOLOGI DIGITAL BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) DI SMA NEGERI 1 KABUPATEN TANGGERANG
https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/TNSL/article/view/39301?utm
Hamid A., Syukri M., Halim A., Irwansyah I. (2022). Development of Internet of Things Based Learning Environment Approach to Improve Student Learning Outcomes
https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/1634?utm
Santhuenkaew T. (2024). Internet of Things (IoT) Technology for a Creative Intelligent Intereactive Classroom
https://www.ricejournal.net/index.php/rice/article/view/121?utm
Badshah, A., Ghani, A., Daud, A., Jalal, A., Bilal, M., & Crowcroft, J. (2023). Towards Smart Education through the Internet of Things: A Review. https://doi.org/10.1145/3610401
Bandyopadhyay, D., & Sen, J. (2011). Internet of Things: Applications and Challenges in Technology and Standardization. http://arxiv.org/abs/1105.1693
Mulyono, S., Badie’ah, B., Haviana, S. F. C., Sulaiman, N. S., Yacob, A., Hermawan, H. M., & Riziq, A. Y. (2024). Pelatihan IoT Berbasis ESP32 bagi SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang untuk Peningkatan Literasi dan Talenta Digital. Indonesian Journal of Community Services, 6(2), 175. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.2.175-183
Rasyid, R. E., Aisa, S., & Rizal, A. (2024). Global Trends and Contributions of Internet of Things (IoT) Research in Education: A Bibliometric Analysis. Mimbar Ilmu, 29(3), 500–506. https://doi.org/10.23887/mi.v29i3.89589
Syafruddin, S., Agustina, I., Jemmy, J., Komari, K., & Santosa, T. A. (2023). Effectiveness of IoT-Based Flipped Classroom Model on Students’ Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 883–891. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5265