Penerapan Media Interaktif Internet Of Things Di SMA NEGERI 26 BATAM

Authors

  • Petrik Piter Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/landmark.v3i1.11108

Keywords:

memberikan edukasi, Internet Of Things, Pengabdian Masyarakat, Teknologi Informasi, IOT

Abstract

Penerapan media interaktif berbasis Internet of Things (IoT) di SMA Negeri 26 Batam bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar melalui pemanfaatan teknologi digital yang inovatif yang berbasis pada IoT. Dengan mengintegrasikan perangkat IoT ke dalam proses belajar mengajar supaya lebih efisien dan terkoordinasi dengan baik, kegiatan ini mendorong terciptanya lingkungan belajar dan mengajar yang lebih interaktif, efisien, dan juga responsif terhadap kebutuhan siswa khususnya siswa SMA Negeri 26 Batam. Selain itu, program pengabdian ini juga dirancang untuk menumbuhkan minat dan kreativitas siswa dalam bidang teknologi, serta membiasakan mereka dalam penggunaan perangkat pintar atau smart teknology secara positif dan lebih produktif. Diharapkan, melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga mampu memahami dan mengembangkan solusi yang berbasis pada IoT secara relevan dan efisien pada kehidupan sehari hari dan pada kehidupan mendatang di dunia kerja yang selalu berkembang dalam teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suhendi A., Hamuda H., Agustini E. (2024). PENGENALAN TEKNOLOGI DIGITAL BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) DI SMA NEGERI 1 KABUPATEN TANGGERANG

https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/TNSL/article/view/39301?utm

Hamid A., Syukri M., Halim A., Irwansyah I. (2022). Development of Internet of Things Based Learning Environment Approach to Improve Student Learning Outcomes

https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/1634?utm

Santhuenkaew T. (2024). Internet of Things (IoT) Technology for a Creative Intelligent Intereactive Classroom

https://www.ricejournal.net/index.php/rice/article/view/121?utm

Badshah, A., Ghani, A., Daud, A., Jalal, A., Bilal, M., & Crowcroft, J. (2023). Towards Smart Education through the Internet of Things: A Review. https://doi.org/10.1145/3610401

Bandyopadhyay, D., & Sen, J. (2011). Internet of Things: Applications and Challenges in Technology and Standardization. http://arxiv.org/abs/1105.1693

Mulyono, S., Badie’ah, B., Haviana, S. F. C., Sulaiman, N. S., Yacob, A., Hermawan, H. M., & Riziq, A. Y. (2024). Pelatihan IoT Berbasis ESP32 bagi SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang untuk Peningkatan Literasi dan Talenta Digital. Indonesian Journal of Community Services, 6(2), 175. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.2.175-183

Rasyid, R. E., Aisa, S., & Rizal, A. (2024). Global Trends and Contributions of Internet of Things (IoT) Research in Education: A Bibliometric Analysis. Mimbar Ilmu, 29(3), 500–506. https://doi.org/10.23887/mi.v29i3.89589

Syafruddin, S., Agustina, I., Jemmy, J., Komari, K., & Santosa, T. A. (2023). Effectiveness of IoT-Based Flipped Classroom Model on Students’ Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 883–891. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5265

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Piter, P. (2025). Penerapan Media Interaktif Internet Of Things Di SMA NEGERI 26 BATAM. LANDMARK : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.37253/landmark.v3i1.11108

Issue

Section

Articles