Cerdas Bersama, Berbagi untuk Sesama: Pengabdian Masyarakat melalui Pendidikan Matematika dan Bantuan Sosial di Panti Asuhan Al-Huffaz Batam
DOI:
https://doi.org/10.37253/landmark.v3i1.11019Keywords:
Pengabdian masyarakat, matematika interaktif, panti asuhan, bantuan sosial, pendidikan inklusif.Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan dukungan pendidikan dan sosial kepada anak-anak di Panti Asuhan dan Pondok Tahfiz Al-Huffaz Batam. Melalui pendekatan partisipatif, mahasiswa Universitas Internasional Batam menyelenggarakan dua kegiatan utama: (1) pengajaran matematika interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar, dan (2) pemberian sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Metode pelaksanaan meliputi perencanaan berbasis kebutuhan, pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, serta evaluasi partisipatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan antusiasme belajar anak-anak, terutama dalam matematika, serta terbangunnya hubungan emosional antara mahasiswa dan penerima manfaat. Kegiatan ini juga mengasah keterampilan mengajar, komunikasi, dan empati mahasiswa. Rekomendasi untuk keberlanjutan mencakup perluasan materi ajar, kolaborasi lintas disiplin ilmu, dan pendampingan jangka panjang. Program ini menegaskan peran perguruan tinggi dalam mendorong kesetaraan pendidikan dan kepedulian sosial.
References
Amroni et al. (2022) ‘Pengabdian Masyarakat BKM UCIC dengan Panti Asuhan Siti Khadijah Al-Zahroh Melalui Kegiatan Lomba Kreatifitas Anak’, PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 173–176. Available at: https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.837.
Imanda Utami Rangkuty, G. et al. (2022) ‘Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Powtoon dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SMKN 2 Batam’, Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan, 01(01), pp. 32–038. Available at: https://doi.org/10.37253/madani.v1i1.7219.
Sa’adah, A. et al. (2021) ‘PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAKTI SOSIAL BERSAMA PANTI ASUHAN AR-RIDHO, SIANTAN’, Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 67–71.
Saputra, A.J. et al. (2021) ‘Sosialisasi Pencegahan Sikap Radikalisme Dan RasismeTerhadap Peserta Didik Sman 20 Batam’. Available at: http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro.
Saputra, A.J. et al. (2022) ‘Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda’, in Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), pp. 384–391. Available at: http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro.
Saputra, A.J. (2023) ‘Peningkatan Kemampuan Dosen melalui Pelatihan Tes TPDA (Tes Potensi Dasar Akademik) di Universitas Internasional Batam’, LANDMARK: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), pp. 5–10. Available at: https://doi.org/10.37253/landmark.v1i1.7742.
Syafar, D. (2025) ‘MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT (EDUKASI DAN ENTERTAINMENT)’, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), pp. 260–271. Available at: http://jurnal.iuqibogor.ac.id.
Yulyani, V. et al. (2019) ‘PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI PANTI ASUHAN AL-HUSNA BANDAR LAMPUNG : PENGABDIAN MASYARAKAT KERJASAMA DENGAN UNIVERSITY PUTERA MALAYSIA’, Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), pp. 95–100.