Author Guidelines

Format dan Sistematika Penulisan

  1. Dalam memenuhi standar penulisan jurnal, naskah yang diserahkan sekurang-kurangnya memuat; Judul, Abstrak, Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, dan Daftar Pustaka. Ucapan Terima Kasih (Apabila ada) diletakkan setelah Kesimpulan dan Saran dan serta sebelum Daftar Pustaka.
  2. Judul yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris harus dengan jelas menggambarkan substansi penelitian dengan maksimal 14 kata dan menggunakan font Arial ukuran 14,Capital Letters, dicetak tebal, rata kiri;
  3. Abstrak ditulis menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan maksimum 250 kata untuk setiap bahasa (mengandung intisari secara deskripsi dari keseluruhan mengenai pendahuluan, tujuan, metode, dan hasil penelitian secara singkat) dalam paragraph Justified, Arial 10 pt, satu spasi. Kata kunci yang dicantumkan di bagian sisi kiri bawah abstrak maksimum 5 kata;
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia dengan isi artikel sebagai berikut:
  • Pendahuluan, Arial, 11 pt, paragraph justified, dalam spasi 1,15 serta ditulis dalam Bahasa Indonesia
  • Kajian Pustaka, memuat teori-teori dan konsep yang berhubungan dengan topik penelitian, Arial, 11 pt, paragraph justified, dalam spasi 1,15 ditulis dalam Bahasa Indonesia harus menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar berisi literatur-literatur sebelumnya yang terkait dengan penelitian serta pengembangan hipotesis.
  • Metode Penelitian, meliputi paparan jenis penelitian, berkaitan dengan subjek penelitian dan partisipan, penguraian cara instrument, pengumpulan data dan metode serta teknik analisis penelitian yang digunakan dalam memecahkan masalah.
  • Hasil Penelitian dan Pembahasan, memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan.
  • Kesimpulan dan Saran, menyajikan kesimpulan dan saran penelitian, keterbatasan penelitian, dan saran untuk penelitian selanjutnya.
  • Daftar Pustaka, memuat kumpulan kutipan yang diacu dalam teks penulisan penelitian sebagai rujukan
  1. Naskah disusun dengan format kertas A4 dengan dua kolom dan margin 4 cm di sisi atas dan kiri, dan 3 cm di sisi bawah dan kanan.
  2. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.
  3. Gunakan huruf Times New Roman 10 titik dengan jarak 1 paragraf.
  4. Penulisan naskah/artikel disarankan menggunakan apliksai Mendeley dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka
  5. Untuk memudahkan proses penulisan, penulis SANGAT DISARANKAN untuk mengunduh Template jurnal di Sini

Tabel dan Gambar

  1. Dalam artikel, tabel dan gambar hanya menyajikan hasil yang akan dimasukkan. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran merupakan proses pengolahan data.
  2. Penomoran dan judul di berikan pada tabel dan gambar dengan tujuan menginformasikan isi dari tabel atau gambar.
  3. Sumber Tabel dan Gambar harus disertakan.
  4. Nomor dan judul Tabel ditulis di sisi kiri tabel. Nomor dan judul Gambar ditulis di tengah bawah gambar. Sumber gambar tercantum langsung di bawah nomor dan judul gambar.
  5. Gambar, grafik, tabel dan foto harus disajikan secara jelas (1200 dpi untuk gambar grafik/garis, 600 dpi untuk gambar hitam-putih, dan 300 dpi untuk gambar berwarna). 
  6. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

Daftar Pustaka

Sumber Daftar pustaka disusun dengan mengikuti tatacara (style) APA, dirujukkan menggunakan bantuan aplikasi seperti: Zetero, Mendeley, dll. (Arial, ft 11, normal, spasi 1,15)