Karakteristik Commercial Signage pada Fasad Bangunan Kuliner (F&B) di Penggal Jalan Kaliurang Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.37253/jad.v5i2.9390Keywords:
karakteristik fisik, karakteristik grafis, commercial signage, bangunan kuliner, Jalan Kaliurang YogyakartaAbstract
Pesatnya pertumbuhan bisnis kuliner maupun bisnis sektor lain di DI Yogyakarta menyebabkan munculnya berbagai permasalahan visual terkait dengan commercial signage. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan karakteristik commercial signage pada fasad bangunan kuliner (F&B) di penggal Jalan Kaliurang KM 4,8 – KM 5,5 Yogyakarta untuk membantu mengatasi ketidakteraturan visual terkait commercial signage. Penelitian ini menggunakan pendekatan rasionalistik deduktif dari teori commercial signage dan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa commercial signage pada fasad bangunan kuliner (F&B) di penggal Jalan Kaliurang KM 4,8 – KM 5,5 memiliki karakteristik fisik berupa bentuk pemasangan flat wall-mounted dengan pencahayaan internal dan terbuat dari bahan logam. Karakteristik grafis sebagian besar commercial signage berupa penggunaan huruf sans serif dengan memiliki keterbacaan yang baik, signage timbul serta warna dominan merah. Perlu adanya perhatian dan penyempurnaan lebih lanjut terhadap desain fisik dan desain grafis commercial signage pada fasad bangunan kuliner (F&B) agar informasi mengenai aktivitas bisnis kuliner (F&B) yang ada pada bangunan tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen.
Downloads
References
Alamsyah, Y. (2008). Bangkitnya Bisnis Kuliner Tradisional. Elex Media Komputindo.
Anoraga, P. (2004). Manajemen Bisnis. Rineka Cipta.
Bizhare. (2024). Melihat Potensi Industri F&B di Indonesia, Makin Kuat. https://www.bizhare.id/media/bisnis/potensi-industri-fnb-di-indonesia
Chris Calori, D. V.-E. (2015). Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems. John Wiley & Sons.
Fitriansyah, M. (2017). Reklame Ganggu Pemandangan Jogja. https://www.kompasiana.com/catatanyangdilupakan/58fdde4fd69373d8263dcc86/reklame-ganggu-pemandangan-jogja
Hengky. (2011). Commercial Signage. https://iroiro78.blogspot.com/2011/07/commercial-signage.html
Ika, H. U. (2019). Industri Kuliner Jadi Penopang Terbesar Perekonomian Kreatif Indonesia. https://ugm.ac.id/id/berita/18389-industri-kuliner-jadi-penopang-terbesar-perekonomian-kreatif-indonesia/
Junianto, A. (2019). Bodong, 2 Reklame Raksasa di Jalan Magelang Dibongkar Paksa. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2019/07/04/510/1003215/bodong-2-reklame-raksasa-di-jalan-magelang-dibongkar-paksa
Karunia Saputra Hidayat. (2020). Pentingnya Peran Psikologi Warna dalam Bisnis Kuliner. https://www.jurnal.id/id/blog/peran-psikologi-warna-dalam-bisnis-kuliner/
L.J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.
Pranyoto, V. S. (2019). Satpol PP Sleman bongkar reklame langgar aturan dan membahayakan. https://www.antaranews.com/berita/1212655/satpol-pp-sleman-bongkar-reklame-langgar-aturan-dan-membahayakan
Pratiwi, F. S. (2023). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 5,33% pada Kuartal I/2023. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-533-pada-kuartal-i2023
Ramdhan, F., Rinald, & Pebriani, iken. (2021). Analisis Penempatan Dan Design Bentuk Tata Informasi Di Kawasan Pasar Bawah Kec, Senapelan Kota Pekanbaru. SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 1(Design, Information board), 78–84.
Rizki, R. (2023). KARAKTERISTIK COFFEE SHOP PADA RUMAH TINGGAL DI KOTA PEKANBARU TESIS.
S, E. (2019). Industri Kuliner Topang Geliat Ekonomi Kreatif. https://koran-jakarta.com/industri-kuliner-topang-geliat-ekonomi-kreatif?page=all
Sidharta Hariadi, Widi Utamo, D., & Syarief, A. (2023). Desain Outdoor Signage Sebagai Elemen Estetis Pada Bangunan Dealer Kendaraan. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 6(1), 109–128. https://doi.org/10.25105/jsrr.v6i1.16250
Syah, H. M. dan M. H. (2018). Raja Yogyakarta Geram, Pandangan ke Gunung Merapi Terhalang Papan Reklame. https://www.liputan6.com/regional/read/3672170/raja-yogyakarta-geram-pandangan-ke-gunung-merapi-terhalang-papan-reklame?page=2
Yudianto, P. (2022). Baliho di Jogja Angkuh Mengotori Pandangan ketika Alam Sudah Murka. https://mojok.co/terminal/baliho-di-jogja-angkuh-mengotori-pandangan-ketika-alam-sudah-murka/
Z.Harahap, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di 71st Omakase Restoran, Cikajang Jakarta. Jurnal Akademi Pariwisata Medan. https://doi.org/https://doi.org/10.36983/japm.v8i2.93