KONSEP GREEN SCHOOL DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI

Authors

  • Rilsha Nadya Dwi Poetri Z Universitas Internasional Batam
  • Jeanny Laurens Pinassang Universitas Internasional Batam
  • Lathifa Nursyamsu Universitas Internasional Batam
  • Hendro Murtiono Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.37253/jad.v5i2.9079

Keywords:

Green School, Arsitektur Ekologi, Pendidikan, Lingkungan

Abstract

Lingkungan sekolah adalah fasilitas yang dapat mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku siswa. Fasilitas pendidikan yang memadai dan berkualitas dapat menunjang dan meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan kontribusi terhadap pembangunan Indonesia. Sampai saat ini metode pendidikan di Indonesia masih menerapkan sistem pembelajaran konvensional yang mencakup pertemuan tatap muka di ruangan tertutup, sehingga menimbulkan tingkat kebosanan pada siswa dan menyebabkan siswa tidak mampu berkontribusi langsung terhadap lingkungan dan masyarakat. Untuk itu, penting adanya pendidikan sekolah yang memanfaatkan lingkungan, dimana gagasan pendidikan yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber sarana dan prasarana dikenal dengan istilah green school. Dalam menganalisis green school, penulis mengadaptasi pendekatan arsitektur ekologi dengan metode penelitian yang digunakan berupa observasi dan kajian pustaka. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini berupa konsep green school melalui pendekatan arsitektur ekologi agar para siswa di sekolah memiliki pengetahuan dan pendidikan yang didapatkan melalui lingkungan sekitar. Tema dan konsep desain pada sekolah dasar adalah arsitektur ekologi yang bertujuan untuk mencapai keselarasan antara bangunan sekolah dasar dengan lingkungan sekitarnya, baik bagi pengguna bangunan maupun masyarakat. Menciptakan bangunan sekolah yang berorientasi masa depan yang beradaptasi dengan lingkungan dan juga dapat menampung segala aktivitas pengguna secara eksklusif, nyaman bagi para siswa-siswi sekolah dasar dalam menempuh pembelajaran dilingkungan sekolah dan bangunan sekolah juga memanfaatkan sumber langsung dari alam tampa merusaknya. Misalkan pemanfaatan udara dan sinar matahari. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanto, U. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 1, 32–41.

Carol, J., & Imanda Utami Rangkuty, G. (2023). Efektivitas Penerapan Arsitektur Ekologi Dan Hi-Technology Pada Perpustakaan Taiwan Sebagai Referensi Arsitektur Eco-Technology. MINTAKAT: Jurnal Arsitektur, 24(1), 2654–4059.

Fadjarwati, N., Suciyani, W. O., & Yusup, M. (2023). Pemanfaatan Ruang Terbuka melalui Community Garden Sebagai Media Pembelajaran yang Terintegrasi dengan Intrakurikuler Sekolah Dasar. 21(02), 214–226.

Imandintar, D. D., Idajati, H., Utami, N. K. Y., Bappeda, P. K. B., Sultan, Z. K., Setyaningsih, W., Purnomo, A. H., Batu, P. K., Kedaireka mf, Egbide, Bender, D., Angga, H. B., Setiawan, W., Firly, K., Setyaningsih, I. W., Suparno, I., Suhada, I. A., Izzaty, R. E., Astuti, B., … Santosa, S. P. (2018). Yogyakarta Youth Center Berkarakter Ekologis Dengan Pendekatan Teori Visual Apropriateness. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(1), 21–30. http://kolom.pacific.net.id/ind/setyanto_p._santosa/artikel_setyanto_p._santosa/pengembangan__pariwisata__indonesia.html%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/37105/1/BAB II.pdf%0Ahttps://e-journal.uajy.ac.id/11941/%0Ahttps://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senth

Kurniawan, H. (2020). Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Ittihad, 1(2), 9–20.

Kusuma, N. &. (2013). Kajian Tentang Pengaruh Green School Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Terhadap Minat Siswa Untuk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 483. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396

Nurfadilla. (2021). Sekolah Alam dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis di Kabupaten Bulukumba. 1–130.

Rangkuty, G. I. U., & Nursyamsu, L. (2024). PESISIR YANG BERKELANJUTAN: GREEN ARCHITECTURE DENGAN BUDAYA POPULAR DALAM EXHIBITION DAN CONVENTION CENTER DI KOTA BATAM. Journal of Architectural Design and Development (JAD), 5(1), 64-73.

PENDIDIKANSEKOLAHDASAR. (n.d.).

Permakultur, A. (2022). Perancangan SA Pendekatan Permakultur.

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidkan. Comdes, 1–212. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf

Downloads

Published

2024-12-02

Issue

Section

Articles