EVALUASI KORIDOR TRANSIT DITINJAU DARI KOMPONEN SAFETY & SECURITY
(STUDI KASUS: JALUR PEDESTRIAN JALAN KENDAL DI KAWASAN TOD DUKUH ATAS)
DOI:
https://doi.org/10.37253/jad.v5i1.8649Keywords:
Transit Oriented Development, Jalur Pedestrian, Safety & SecurityAbstract
Meningkatnya jumlah pertumbuhan penduduk di Kota-kota besar khususnya di Jakarta disebabkan oleh salah satu faktor yaitu urbanisasi. Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari daerah pedesaan ke daerah perkotaan yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti mencari pekerjaan yang lebih baik, gaya hidup modern dan kemudahan akses ke layanan publik. Peningkatan jumlah penduduk di kota besar menimbulkan masalah pada perkotaan, seperti bertambahnya polusi udara karena meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor. Transit Oriented Development (TOD) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan Kawasan Berorientasi Transit, merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut dengan fokus pengembangan kawasan yang berbasi pada human centered dan integrasi antarmoda. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi Koridor Transit Di Kawasan Tod Dukuh Atas ditinjau Dari Komponen Safety & Security pada Pedestrian Jalan Kendal dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan literatur review. Berdasarkan analisis dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa koridor Jalan Kendal belum sepenuhnya memenuhi syarat pada aspek keamanan pedestrian dan jalan tersebut belum dapat di katagorikan sebagai koridor yang ramah untuk pejalan kaki walaupun letaknya berada di kawasan TOD. Maka dari itu perlu adanya perhatian serta perbaikan pada aspek sirkulasi, penerangan jalan, penyebrangan dan kelengkapan perabot jalan seperti tempat sampah, tempat duduk, vegetasi, bollard dll.
Downloads
References
Calthorpe, P. (2010). Urbanism in the age of climate change. Island Press. Cervero, R., & Kockelman, K. (1997). Travel demand and the 3Ds: density, diversity, and design. Transportation research part D: transport and environment, 2(3), 199-219.
Cervero, R. (2004). Transit-oriented development in the United States: experiences, challenges, and prospects. Transport Policy, 11(4), 237-247.
Jasmine Khairunnisa, Dedes Nur Gandarum, & Khotijah Lahji. (2021). Evaluasi Konsep Tod Pada Kawasan Tod Dukuh Atas. Prosiding Seminar Intelektual Muda, https://doi.org/10.25105/psia.v2i2.10314
Juliana, A., Amin Senopati, A., & Diana, L. (2021). Penerapan Konsep Transit Oriented Development (Tod) Di Kawasan Plaza Indonesia, Jakarta. Journal of Architecture Innovation, 5(1).
Newman, P., & Kenworthy, J. R. (1999). Sustainability and cities: overcoming automobile dependence. Island press.
Pengaruh Elemen Elemen Pelengkap Jalur Pedestrian Terhadap Kenyamanan Pejalan Kaki Studi Kasus Penggal Jalan Pandanaran Dimulai dari Jalan Randusari Hingga Kawasan Tugu Muda - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)
Rachmita, F. (2017, July 4). TOD Standard 3.0. Institute for Transportation and Development Policy. https://itdp-indonesia.org/2017/07/tod- standard-3/
Sari, A. M., Sari, D. F., & Wibawani, S. (2020). Penerapan Konsep Walkability Dalam Mendukung Kota Surabaya Sebagai Kota Metropolitan Yang Produktif Dan Berkelanjutan. Public Administration Journal of Research, 2(3). https://doi.org/10.33005/paj.v2i3.58
Sethuratnam, S., R. Varma, J., & Krishnamurthy, V. (2021). The Impact of Urbanization on Socioeconomic Development: Evidence from India. Journal of Developing Areas. https://doi.org/10.1080/08985626.2020.1860654
Tariq, A., & Zhang, Q. (2020). The Contribution of Urbanization to Economic Growth in Developing Countries: A Systematic Review of the Literature. MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute). https://doi.org/10.3390/su12114433
Transit Cooperative Research Program. (2013). Transit-oriented development in the United States: a review of recent literature. Transportation Research Board of the National Academies.
ITDP. (2017). TOD Standard. 3rd (ed.)
Kawasan Berorientasi Transit (TOD) | MRT Jakarta. (2019). https://jakartamrt.co.id/id/kawasan-berorientasi-transit-tod
Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 67 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kawasan Berorientasi Transit