PENINGKATAN KENYAMANAN TERMAL SEKOLAH DI IKLIM TROPIS PESISIR MELALUI KONSEP BIOCLIMATIC ARCHITECTURE
DOI:
https://doi.org/10.37253/jad.v4i2.8566Keywords:
bioclimatic architecture, thermal comfort, tropics schoolAbstract
Sekolah merupakan salah satu bangunan tempat proses belajar mengajar terjadi yang direncanakan untuk menciptakan suasana nyaman bagi peserta didik dengan faktor kenyamanan termal. Permasalahan yang ditemukan pada sekolah yang berada di iklim tropis pesisir berdasarkan hasil wawancara ialah 73% siswa-siswi merasa kurang nyaman secara termal dengan keadaan ruang dan kurangnya area hijau di lingkungan sekitar. Hal ini dapat menurunkan tingkat kinerja beraktivitas karena konsentrasi seseorang terganggu dengan cuaca yang tidak menentu. Melihat keadaan tersebut diperlukan suatu desain arsitektur dengan menerapkan konsep arsitektur bioklimatik pada sistem penghawaan sekolah di daerah iklim tropis yang diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan termal bangunan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Objek penelitian yang diambil sebagai studi kasus ialah bangunan SMA Negeri 26 Batam dengan mengamati keadaan lingkungan dan iklim setempat. Hasil penelitian diharapkan menjadi arahan desain bagi pihak yang membutuhkan dengan penerapan konsep bioklimatik arsitektur pada desain bangunan.