SETTING TERITORI PKL PADA RUANG TERBUKA PASAR GODEAN

Authors

  • Yudo Alif Rahma Universitas Gadjah Mada
  • Syam Rachma Marcillia Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37253/jad.v4i2.7865

Keywords:

settings, territories, activity, space, street vendors

Abstract

ABSTRAK

Kebutuhan masyarakat yang tinggi akan sektor informal di ruang publik membuat dengan keberadaannya tetap dicari oleh masyarakat. Hal tersebut sebenarnya dengan adanya keberadaan pedagang kaki lima di ruang publik itu menimbulkan dua persepsi berbeda seperti menguntungkan atau merugikan. Hal itu terjadi pada pasar induk Godean yang merupakan salah satu pasar tradisional yang berlokasikan di wilayah Kabupaten Sleman. Memiliki kondisi asli dari ruang luar pasar memang tidak memiliki area kusus untuk para pedagang kaki lima sebagai tempat berniaga. Terlihat banyak pelaku dari masyarakat sekitar atau luar mengisi ruang-ruang terbuka atau ruang luar sebagai kegiatan usaha dan berbagai macam jualan. Kondisi ini dapat dikatakan tidak terencana sesuai keterangan denah atau sebagai ketentuan fungsi yang mana tidak terencana dalam desain awalnya seperti yang tertera pada gambar DED. Dengan munculnya kegiatan pedagang kaki lima ini di suatu sisi memiliki fungsi meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Namun disisi lain juga dapat menimbulkan dampak yang tidak baik jika tidak ada pengelolaan dan ditata dengan baik. Karena dapat berpotensi menimbulkan dampak tidak baik pada setting ruang luar terbuka jika para pelaku pedagang kaki lima tidak diatur atau ditata keberadannya. Penelitian ini diharapkan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi setting teritori para pedagang kaki lima di ruang luar pasar Godean. Metode penelitian ini merupakan penelitian berbasis pendekatan rasionalistik dan dengan kualitatif data yang dilakukan yakni dengan metode observasi lapangan, wawancara dengan pelaku kegiatan di lokasi dan behavior mapping menggunakan gambaran sketsa dan identifikasi secara langsung dilapangan. Hasli penelitian ini mengetahui faktor utama pembentuk dari setting teritori pedagang kaki lima di ruang terbuka luar pasar Godean dapat dipengaruhi dengan adanya keberadaan elemen ruang terhadap setting pola teritori. Dari hal tersebut dapat mempengaruhi dari pola distribusi setting fisik teritori terhadap sebaran yakni 6 area dengan setting teritori berbeda.

 

Kata Kunci: Setting ; Teritori ;Aktivitas; Ruang; Pedagang kaki Lima

ABSTRACT

The high public need for the informal sector in public spaces makes its existence still sought after by the community. This is actually with the existence of street vendors in public spaces that cause two different perceptions such as profitable or detrimental. This happened to the Godean main market which is one of the traditional markets located in the Sleman Regency area. Having the original condition of the outdoor space of the market does not have a special area for street vendors as a place to trade. It can be seen that many actors from the surrounding community or outside fill open spaces or outdoor spaces as business activities and various kinds of sales. This condition can be said to be unplanned according to the floor plan description or as a function provision which is not planned in the initial design as stated in the DED drawing. With the emergence of street vendor activities, on the one hand, it has the function of improving the economy of the surrounding community. But on the other hand, it can also have a bad impact if there is no management and proper management. Because it can potentially have an adverse impact on the setting of open outdoor spaces if street vendors are not regulated or arranged. This study is expected to find out what factors can affect the territorial setting of street vendors in the outer space of the Godean market. This research method is a research based on a rationalistic approach and with qualitative data carried out, namely by field observation methods, interviews with actors of activities at the location and behavior mapping using sketches and identification directly in the field. Hasli this study knows the main forming factors of the territorial setting of street vendors in open spaces outside the Godean market can be influenced by the presence of spatial elements on the setting of the territory pattern. From this, it can affect the distribution pattern of the physical setting of the territory to the distribution, namely 6 areas with different territorial settings.

 

Keyword: Settings; Territories; activity ; space ; street vendors

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-13

Issue

Section

Articles