Kajian Perilaku Pembeli Terhadap Ruang Pasar Simpang Pulogadung Jakarta Timur

Main Article Content

Ahmad Siena Farizi Anggi Putra Pratama Muhammad Luthfi Ibrahim Dedi Hantono

Abstract

Pasar merupakan tempat berkumpul dan jual beli barang serta jasa. Keberadaan pasar bukan hanya mengenai ekonomi saja namun mencakup aspek sosial dan budaya. Bahkan kehadiran pasar merupakan bukti peradaban yang berlangsung sejak lama mengingat nilai historinya begitu melekat. Pasar terutama pasar informal seringkali dianggap sebagai salah satu sumber rusaknya citra suatu kawasan terutama ruang terbuka publik kota. Aktivitas pedagang yang sifatnya lebih permanen dibandingkan pembeli memberikan dampak terhadap kualitas kawasannya. Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana aktivitas itu muncul pada ruang yang tidak sesuai dengan peruntukkannya serta tanpa perencanaan yang baik? Dengan menggunakan metode kualitatif dan observasi langsung memberikan gambaran bahwa aktivitas pedagang yang dilakukan merupakan bentuk adaptasi mereka dalam mempertahankan kondisi yang tidak menguntungkan tersebut.

Article Details

How to Cite
FARIZI, Ahmad Siena et al. Kajian Perilaku Pembeli Terhadap Ruang Pasar Simpang Pulogadung Jakarta Timur. Journal of Architectural Design and Development, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 125-132, dec. 2020. ISSN 2745-8784. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/jad/article/view/786>. Date accessed: 19 june 2021. doi: http://dx.doi.org/10.37253/jad.v1i2.786.
Section
Articles