TIPOLOGI ARSITEKTUR FASAD ART DECO PADA BANGUNAN-BANGUNAN DI YOGYAKARTA

Authors

  • Labdo Pranowo Universitas Gadjah Mada
  • Sudaryono Sudaryono Universitas Gadjah Mada
  • Ikaputra Ikaputra Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37253/jad.v4i1.7639

Abstract

Art Deco adalah salah satu gaya arsitektur penting yang hadir pada era arsitektur kolonial di Indonesia. Masuk ke Indonesia melalui karya-karya arsitek Belanda yang berpraktek profesional di akhir masa penjajahan Belanda. Sebagai bagian dari gaya yang berkembang di era tahun 20-an, gaya ini berkembang populer di Indonesia dan menjadi salah satu puncak penting dari era arsitektur kolonal. Jejak-jejaknya pada banyak bangunan di kota-kota di Indonesia menunjukkan sangat luasnya gaya ini diterapkan. Kawasan lama dan area komersial di pusat kota menyimpan banyak bangunan dengan gaya ini, yang terekspresikan secara gamblang atau samar-samar melalui cuilan elemennya. Hal ini mengisyaratkan adanya kekayaan keragaman tampilan dalam gaya bangunan art deco di Indonesia, termasuk Yogyakarta.

Penelitian ini dilakukan terhadap 44 bangunan yang tersebar di seputar kota Yogyakarta. Pengamatan dan analisis dibatasi pada fasad dan elemen visual pada fasad bangunan. Batasan ini dipilih dengan mempertimbangkan banyaknya obyek  penelitian yang akan diamati dan beragamnya kadar/intensitas gaya pada bangunan. Diharapkan penelitian ini dapat menjawab pertanyaan; bagaimana tipologi dan karakteristik arsitektur fasad art deco pada bangunan-bangunan yang ada di Yogyakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 tipe arsitektur fasad art deco, yaitu 1) tipe fasad utuh, 2) tipe fasad atas, dan 3) tipe fasad bawah.  Ketiga tipe tersebut dibedakan berdasarkan perletakan bentuk dan elemen art deco pada fasad bangunan. Fasad art deco menunjukkan adanya karakter simetris dan asimetris, yang dipilih dan dikuatkan dengan  permainan puncak, yang dapat berwujud bentuk menara, bentuk bidang tinggi pada susunan berundak dan perletakan elemen ikonik, yang berupa ornamen atau bentuk tertentu pada fasad datar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-23

Issue

Section

Articles