Mekanisme Tata Kelola Dan Perencanaan Suksesi Terhadap Kinerja Perusahaan Keluarga Yang Dikendalikan Anggota Keluarga Dan Bukan Anggota Keluarga Di Indonesia

  • Sumantri Sumantri
  • Mardianto Mardianto

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi mekanisme tata kelola perusahaan khususnya karakteristik dewan yang mempengaruhi kinerja perusahaan yang dikendali oleh perusahaan keluarga yang terdaftar di Indonesia. Model penelitian ini dikembangkan dari permasalahan penelitian: “Bagaimana mekanisme tata kelola perusahaan dan perencanaan suksesi yang dikendali oleh anggota keluarga dan bukan anggota keluarga dalam mempengaruhi kinerja perusahaan keluarga di Indonesia?”. Variabel mekanisme tata kelola perusahaan menggunakan ukuran dewan direksi dan komisaris independen. Untuk atribut suksesi menggunakan kualifikasi direktur dan diversifikasi dewan. Kinerja perusahaan dinilai dengan kinerja basis pasar (Tobin’s Q). Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dalam mengumpulkan data. Data tersebut berupa laporan tahunan perusahaan dan data nilai pasar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2009-2013. Hasil penelitian menunjukkan ukuran dewan direksi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja perusahaan keluarga baik perusahaan tersebut dikendalikan oleh anggota keluarga maupun bukan anggota keluarga. Komisaris independen berpengaruh secara signifikan positif terhadap kinerja perusahaan, tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan keluarga yang dikelola oleh CEO keluarga dan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja perusahaan keluarga yang dikelola oleh CEO non keluarga. Kualifikasi direktur terbukti berpengaruh secara signifikan positif terhadap kinerja perusahaan, tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan keluarga yang dikelola oleh CEO keluarga dan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja perusahaan keluarga yang dikelola oleh CEO non keluarga. Sedangkan diversifikasi dewan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja perusahaan keluarga yang dikelola oleh CEO keluarga dan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja perusahaan keluarga yang dikelola oleh CEO non keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 21, 2018
How to Cite
SUMANTRI, Sumantri; MARDIANTO, Mardianto. Mekanisme Tata Kelola Dan Perencanaan Suksesi Terhadap Kinerja Perusahaan Keluarga Yang Dikendalikan Anggota Keluarga Dan Bukan Anggota Keluarga Di Indonesia. Global Financial Accounting Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 86-112, may 2018. ISSN 2655-836X. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/gfa/article/view/277>. Date accessed: 30 jan. 2023.
Section
Articles