Analisis Pengaruh Karakteristik Dewan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Sukarela Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Serly Serly

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh karakteristik dewan dan struktur kepemilikan terhadap pengungkapan sukarela yang disajikan pada laporan tahunan. Populasi yang digunakan adalah laporan lahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan tahun 2010 hingga tahun 2014 dengan metode purposive sampling. Terdapat 35 item dalam mendeteksi tingkat pengungkapan sukarela. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa independen variabel yang berpengaruh signifikan pada tingkat pengungkapan sukarela antara lain kepemilikan pemerintah dan kepemilikan manajerial. Variabel jumlah pemegang saham, ukuran dewan direksi, jumlah komisaris independen, kepemilikan asing, kepemilikan institusi, dan jumlah pemegang saham tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan sukarela.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 21, 2018
How to Cite
SERLY, Serly. Analisis Pengaruh Karakteristik Dewan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Sukarela Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Global Financial Accounting Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 71-85, may 2018. ISSN 2655-836X. Available at: <https://journal.uib.ac.id/index.php/gfa/article/view/276>. Date accessed: 30 jan. 2023.
Section
Articles