Implementasi Strategi Promotion Mix pada UMKM Comformindo
Keywords:
Comformindo, Promotion Mix, Advertising, Sales PromotionAbstract
Pada masa pandemi ini, banyak pemilik bisnis yang mengalami kendala dalam menjalankan bisnisnya. Kendala tersebut dapat berupa penurunan pendapatan maupun kerugian yang tidak terhingga. Program ini dilakukan pada Comformindo yang berlokasi di Kota Batam. Program yang dilaksanakan bertujuan untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan pada Comformindo. Implementasi dilakukan dengan strategi bauran promosi yang dimulai dari bulan September hingga bulan Desember. Sebelumnya Comformindo hanya melakukan promosi berbasis Word of Mouth (WOM) dan promosi Door to Door tetapi kurang efektif sehingga harus menggunakan strategi baru yaitu strategi bauran promosi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode kualitatif yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Bauran promosi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari advertising dan sales promotion. Advertising dilakukan dengan pembuatan product profile video dan diunggah ke akun sosial media dan setelah itu akan dilakukannya promosi. Promosi dilakukan melalui sosial media yaitu Instagram Ads sebanyak 2 kali dengan durasi 7 hari setiap promosi. Sales promotion dilakukan dengan pengadaan diskon yang dibuat dalam e-brosur dan diunggah ke sosial media. Setelah implementasi, keuntungan Comformindo meningkat 6% per bulan yaitu Rp. 21,200,000 per bulan.