Analisis Dan Implementasi Strategi Berdasarkan Swot Pada Karimun Secret Batam

Authors

  • Renny Christiarini Universitas Internasional Batam
  • Anggellia Anggellia Universitas Internasional Batam

Keywords:

SWOT Matrix, TOWS Matrix, Porter’s Five Forces

Abstract

Kegiatan menganalisa dan penerapan SWOT di Karimun Secret Batam bertujuan agar pihak manajerial memahami kondisi atau keadaan usaha Karimun Secret Batam agar dapat memberi saran dan melancarkan strategi yang sesuai dengan keadaan tersebut demi meningkatkan omset penjualan juga profit Karimun Secret Batam. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa SWOT Matrix, TOWS Matrix, dan teori Porter’s Five Forces

Selama kegiatan berlangsung, penulis mengumpulkan data melalui tahap wawancara, analisis dan implementasi. Berdasarkan data yang telah terkumpul ditemukan beberapa permasalahan seperti: sistem pencatatan yang sederhana, customer service yang secukupnya, kurangnya interaksi dengan konsumen, dan adanya ancaman karena banyaknya usaha serupa di Batam. Strategi yang dibuat oleh penulis dalam mengatasi dan mengantisipasi masalah tersebut adalah dengan personal & product branding, pencatatan via sistem komputer, meningkatkan skill membuat kue menjadi lebih baik, terus menciptakan variasi baru, berinterakasi dengan konsumen dengan lebih baik, dan memanfaatkan media sosial secara maksimal.UMKM Karimun Secret Batam telah menjalankan strategi yang dianjurkan penulis. Pihak manajemennya telah berbagai strategi pemasaran seperti membuat foto produk yang professional, meng-endorse selebgram (selebriti Instagram) lokal, membuat berbagai macam promo, terus membuat varian baru yang menarik, membuat event membagi tester di mall dengan tujuan memperkenalkan produk, menggunakan fitur paid promote Instagram, admin lebih antusias dalam berhubungan dengan pelanggan, dan membuat konten yang menarik di Instagram. Alhasil omset perbulannya pun meningkat mencapai 20%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-07