Penerapan Promotion Mix Pada Rianna Fashion Online Shop

Authors

  • Hariyanto Hariyanto Universitas Internasional Batam

Keywords:

Periklanan, Sosial Media, Bauran Promosi

Abstract

Pelaksanaan kegiatan kerja praktek yang dilakukan ini bermula pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan nama Rianna Fashion Online Shop yang berlokasi pada Komplek Permata Baloi Blok F2 no 32, Batam – Kepulauan Riau. Adapun tujuan dari pelaksanaan kerja praktek ini yakni untuk mengatasi permasalahan pada penjualan dari Rianna Fashion Online Shop dimana penjualan melalui instagram tidak membawakan hasil yang maksimal yang dikarenakan tidak adanya testimoni produk, postingan rutin produk di insta story dan insta feed serta tidak adanya pembuatan highlight produk yang membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dijual menjadi sangat rendah. Selain itu konsumen yang membeli kebanyakan dari kaum orang dewasa keatas sehingga diperlukan target market baru yakni kaum muda sebagai konsumennya.

Dalam proses pengumpulan informasi untuk kerja praktek ini digunakan metode konsultasi dimana terdapat ada dua cara yakni dengan wawancara langsung dengan pemilik usaha dan observasi langsung ke lapangan. Dari informasi yang berhasil dikumpulkan maka penulis dapat segera merancang strategi promotion mix yang cocok untuk terhadap masalah tersebut.

Dari pelaksanaan dari penerapan promotion mix menghasilkan peningkatan rasa kepercayaan konsumen terhadap produk maupun online shopnya, intensitas penjualan pada media sosial instagram menjadi meningkat dikarenakan daftar promo yang dibuat sangat menarik untuk para konsumen dan terjadi peningkatan omzet penjualan sebesar 30% serta peningkatan konsumen dari kamu muda.  Setelah berhasil melaksanakan penerapan promotion mix adapun masukan yang dapat diberikan yakni memastikan selalu memposting produk ke media sosial yang dipakai, penjualan dapat diperluas lagi ke e-commerce, terus berinovasi dalam pembuatan promo-promo menarik, memastikan pelaksanaan promotion mix yang sudah berjalan ini tetap dijalankan dan penggunaan iklan dapat digunakan lagi jika terdapat produk yang menarik untuk disebarluaskan ke konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-07