Penerapan Strategi Promotion Mix dan Digital Marketing pada UMKM Kaleea.id

Authors

  • Antony Sentoso Universitas Internasional Batam
  • Kelly Kelly Universitas Internasional Batam

Keywords:

Marketing, Sales, Applications, Advertising, Content

Abstract

Perkembangan teknologi pada pemasaran barang dan jasa semakin canggih sehingga mampu menjadi sebuah solusi kepada para pemilik usaha untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Digital marketing  dapat mempermudah pemilik usaha untuk menemukan pangsa pasarnya dan berkomunikasi dari jarak jauh. Strategi pemasaran ini juga dikenal lebih efektif daripada media lainnya, maka bukanlah sebuah alasan kepada penjual untuk menjual produk atau jasanya kepada konsumen yang berbeda kota. Setelah dilakukannya wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pemilik usaha dapat diketahui sejak merebaknya wabah corona, penjualan toko terus menurun dari penjualan sebelumnya. Tetapi setelah diterapkannya strategi promotion mix dan digital marketing pada usaha tersebut, toko mengalami peningkatan omset penjualan selama enam bulan terakhir tahun 2020 dengan diterapkannya pemasaran melalui Instagram adverstisement, endorsement, sales promotion dan juga konten video di Tiktok. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian kualitatif yang berangkat dari data yang diperoleh. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mengembangluaskan pemasaran melalui e-commerce seperti Tokopedia,Shopee atau Lazada, menghasilkan konten video yang lebih berkualitas, promosi yang lebih menarik dan lebih aktif dalam mencari ide-ide menarik yang dapat diterapkan pada UMKM tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-07