Penyusunan Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Kedai Kopi Santaria

Authors

  • Helen Ng Universitas Internasional Batam

Keywords:

Strategi Promosi, Media Sosial, Pemasaran Digital

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis kepada Kedai Kopi Santaria dengan tujuan yakni membantu pemilik usaha santaria untuk mengetahui dan meringankan permasalahan yang sedang terjadi, memberikan solusi terbaik dengan merancang dan menerapkan sebuah strategi bauran promosi serta memperkenal luas Kedai Kopi Santaria kepada masyarakat yang berlokasi di kota Batam dengan menggunakan sistem promosi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan yang dimulai dari bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021.

Dalam program pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, penulis membutuhkan beberapa data sebagai acuan dengan melalui metode pengamatan, wawancara, perancangan strategi yang sudah disepakati dan penerapan untuk mendukung serta menyelesaikan permasalahan tersebut. Temuan dari hasil pengumpulan data sangat bermanfaat dalam proses perancangan luaran proyek. Output dari penelitian ini yaitu berupa pemasaran digital untuk mempromosikan penjualan usaha Santaria melalui akun sosial media Instagram, merancang dan membagikan brosur kepada masyarakat di kota Batam serta mengadakan endorsement terhadap pihak yang biasanya mereview berbagai jenis makanan dan minuman.

Hasil yang diperoleh setelah Santaria menerapkan strategi yang dirancang penulis yakni telah mampu meningkatkan pendapatan penjualan dan bertambahnya jumlah pelanggan baru melalui media sosial yang telah dibuat. Setelah penerapan ini selesai dan berhasil, penulis menyarankan kepada pemilik usaha Santaria untuk terus dapat menerapkan strategi ini secara konsisten dan terus memperbaharui strategi promosi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-07