Perancangan Dan Penerapan Strategi Marketing Mix Pada Umkm Tati’s Cake

Authors

  • Lily Purwianti Universitas Internasional Batam
  • Widya Nurfa Dila Universitas Internasional Batam

Keywords:

UMKM, Pemasaran, Bauran Pemasaran, 4P

Abstract

Tati’s Cake merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang kuliner pada bisnis kue rumahan yang sudah berjalan selama 2 tahun. Dalam menjalankan bisnisnya masih terdapat beberapa kendala yang dirasakan oleh Pemilik UMKM seperti kurangnya strategi pemasaran dan penjualan yang tepat dengan menyesuaikan kemajuan teknologi dan daya saing yang terjadi sekarang, sehingga menyebabkan hasil penjualan pada UMKM tidak maksimal. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan secara konvensional dan digital pada UMKM Tati’s Cake melalui Perancangan dan Penerapan Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran) yang memuat 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Metode yang digunakan pada perancangan dan implementasi program PKM ini ialah Pendidikan Masyarakat dan Pelatihan. Selama proses pengimplementasian, ditemukan peningkatan yang signifikan pada penjualan di UMKM tersebut jika dibandingkan sebelum diadakannya kegiatan PKM ini. Kami merekomendasikan untuk PKM selanjutnya yang sejenis, agar dapat menyempurnakan apa yang telah dilakukan pada PKM ini. Diharapkan juga PKM ini dapat menjadi referensi bagi UMKM lainnya dan sumber informasi bagi kegiatan PKM yang akan dilakukan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-07