Merancang Standard Operating Procedure (Sop) Dalam Bentuk Flowchart Untuk Pekerja Di Kantin Orchid Park
Keywords:
Standard Operating Procedure, Service, EmployeeAbstract
Kantin Orchid Park merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang pelayanan makanan yang tidak memiliki peraturan atau pedoman dalam pelaksanaan tugas sampai kegiatan operasionalnya. Permasalahan yang dialami oleh usaha ini juga dikarenakan berkurangnya jumlah konsumen sejak Covid-19 masuk ke Indonesia, Adanya karyawan yang tidak melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker saat melayani konsumen mengakibatkan banyak konsumen yang takut memesan makanan yang ada di usaha ini. Penulis merancang Standard Operating Procedure (SOP) dalam bentuk Flowchart untuk kantin Orchid Park, agar para karyawannya dapat mengetahui dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Hasil dari implementasi perancangan SOP ini adalah meningkatnya konsumen pada Kantin Orchid Park sehingga dapat meningkatkan keuntungan pada tempat usaha ini. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat membuat sistem penilaian kinerja agar karyawan dapat bekerja lebih baik lagi kedepannya.