Implementasi Strategi Promotion Mix Pada Usaha Emping Kedelai Marem
Keywords:
Periklanan, Promosi Penjualan, Bauran Promosi, Perencanaan BisnisAbstract
Emping Kedelai Marem merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang makanan (cemilan), yang berlokasi di Jambi. Saat ini UKM tersebut belum memiliki sistem pemasaran online yang mampu menjangkau masyarakat luas. Keterbatasan ini berdampak pada hasil penjualan UKM yang sulit terus meningkat. Dalam situasi pandemi ini, UKM menghadapi masalah yang dialami oleh sebagian besar usaha lain, yaitu penurunan pendapatan penjualan. Tujuan dari kegiatan ini adalah menerapkan strategi bauran promosi berupa periklanan online dan promosi penjualan melalui pemanfaatan media sosial. Identifikasi masalah dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan pemilik usaha, dilanjutkan dengan perancangan sistem pemasaran, implementasi, edukasi, sosialisasi dan evaluasi. Output dari proyek ini berupa akun media sosial, facebook dan instagram, dilengkapi dengan materi pemasaran berupa video, e-catalog dan program diskon untuk menarik minat konsumen. Setelah dua bulan implementasi, kedua media sosial tersebut mampu menambah pengetahuan masyarakat tentang Kedelai Emping Marem, dan meningkatkan penjualan melalui hasil penjualan online. Kedepannya, strategi pemasaran ini diharapkan dapat dilanjutkan oleh para pemilik usaha melalui postingan yang teratur, video inovatif, kreatif dan konsisten. Lebih lanjut, semoga UMKM dapat mempertahankan eksistensinya dan terus berkembang.